Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2021, 16:17 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makanan khas Korea Selatan terutama street food yang mudah dibuat di rumah menjadi kegemaran orang Indonesia.

Bunsik, secara harfiah berarti "makanan yang terbuat dari tepung", adalah istilah yang mengacu pada kudapan street food Korea, seperti tertera dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Menurut Korea Organization Tourism (KTO), bunsik yang paling disukai adalah gimbap, tteokbokki, dan eomuk (kue ikan).

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

Tak perlu jauh-jauh ke Korea, saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual ragam menu kuliner Korea, baik secara offline ataupun online.

Berikut adalah bunsik yang paling terkenal dan disukai baik oleh masyarakat Korea maupun wisatawan asing menurut KTO. Apakah kalian sudah pernah mencoba semuanya?

1. Gimbab

Kimbab dari Dakiba Cafe, Sentul City, Bogor, Jawa Barat (22/2/2021). Dakiba Cafe menawarkan sensasi menikmati makanan khas Korea dengan konsep bar.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Kimbab dari Dakiba Cafe, Sentul City, Bogor, Jawa Barat (22/2/2021). Dakiba Cafe menawarkan sensasi menikmati makanan khas Korea dengan konsep bar.

Gimbap atau kimbab adalah nasi gulung terbuat dari nasi yang dibumbui dengan cuka, gula dan garam. Nasi kemudian diletakkan di atas cetakan gimbab.

Potongan telur, eomuk, wortel, bayam dan acar lobak kemudian diletakan di tengah nasi untuk digulung menjadi satu bentuk silinder.

Gulungan gimbab kemudian dipotong-potong. Gimbap adalah pilihan makanan yang sempurna saat untuk bekal atau piknik.

Baca juga: Resep Kimbab, Makanan Piknik ala Orang Korea

2. Buchimgae/jeon

Ilustrasi kuliner Korea : pancake daun bawang (pajeon).SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Ilustrasi kuliner Korea : pancake daun bawang (pajeon).

Buchimgae dan jeon mengacu pada hidangan seperti panekuk dalam masakan Korea. Daging, seafood, sayur mayur, dan telur dicampur dengan adonan tepung lalu ditumis dengan minyak.

Setiap jeon mendapatkan namanya dari bahan utama yang digunakan, seperti pajeon (pancake bawang hijau), kimchi jeon (pancake kimchi), dan bindaetteok (pancake kacang hijau).

Kombinasi jeon dan makgeolli (anggur beras Korea) adalah makanan favorit orang Korea saat hujan datang.

Baca juga: Resep Pajeon, Pancake Daun Bawang ala Korea

3. Tteokbokki

Ilustrasi sepiring tteokbokki saus gochujang, kuliner khas Korea Selatan. SHUTTERSTOCK/TMON Ilustrasi sepiring tteokbokki saus gochujang, kuliner khas Korea Selatan.

Tteokbokki adalah salah satu kudapan paling umum yang dijual oleh pedagang kaki lima di Korea.

Kue beras dengan eomuk dan sayuran dimasak dengan kuah cabai merah yang pedas tetapi ada rasa manisnya.

Beragam tteokbokki fusion juga bisa ditemukan, termasuk tteokbokki yang dibuat menggunakan jjajang (saus kacang hitam) atau dengan topping bawang putih.

Baca juga: Cara Membuat Tteokbokki, Lengkap dengan Saus Gochujang

4. Eomuk

Ilustrasi kuliner Korea : bakso ikan atau fish cake (odeng).SHUTTERSTOCK/DANIEL FUNG Ilustrasi kuliner Korea : bakso ikan atau fish cake (odeng).

Bahan utama eomuk atau odeng terdiri dari daging ikan giling. Biasanya, eomuk ditusuk dan direbus dalam kaldu lobak dan daun bawang. Eomuk sangat populer sebagai camilan musim dingin.

Baca juga: Resep Sup Odeng Khas Korea, Menu Buka Puasa yang Masaknya Singkat

5. Twigim

Corn Dog, makanan ringan yang dalam beberapa waktu terakhir kian populer setelah muncul dalam film drama Korea ''Start Up''.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Corn Dog, makanan ringan yang dalam beberapa waktu terakhir kian populer setelah muncul dalam film drama Korea ''Start Up''.

Twigim adalah istilah umum untuk gorengan yang dilapisi dengan adonan tepung dan telur. Cumi-cumi, siomay, kentang, udang, dan berbagai macam sayuran menjadi bahan utamanya.

Rasanya lebih enak dicelupkan ke dalam kecap asin atau saus tteokbokki.

Baca juga: Resep Corn Dog Sosis Mozzarella, Street Food Khas Korea

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com