Kompas.com - 26/04/2021, 13:03 WIB

KOMPAS.com - Selain pemanis alami seperti gula, terdapat pemanis buatan yang kerap digunakan pada makanan maupun minuman.

Pemanis alami berasal dari tebu, sirup, dan susu. Sementara pemanis buatan merupakan senyawa yang sengaja dibuat sebagai pengganti pemanis alami.

Jika bisa mendapatkan rasa manis langsung dari pemanis alami, lalu mengapa penggunaan pemanis buatan? Ketahui tiga alasan penggunaan pemanis buatan pada makanan berikut.

Baca juga: Apa Itu Pemanis Buatan? Pengganti Gula Rendah Kalori

Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.SHUTTERSTOCK/NIKCOA Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.

1. Murah

Harga gula pasir dan pemanis buatan di pasaran sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun, takaran penggunaan di antara keduanya berbeda.

Saat menggunakan gula pasir sebagai bahan pemanis, kamu harus menambahkan sesuai takaran resep. Berbeda dengan pemanis buatan yang hanya perlu menggunakannya sedikit.

Salah satu jenis pemanis buatan yang bisa digunakan dalam memasak yaitu advantame. Memiliki rasa manis yang jauh lebih tinggi hingga mencapai 20.000 kali lipat daripada gula pasir.

Baca juga: Cara Bedakan Gula Alami dan Pemanis Buatan pada Makanan

Ilustrasi gula kastor yang teksturnya di antara gula pasir dan gula bubuk. SHUTTERSTOCK/INGRIDHS Ilustrasi gula kastor yang teksturnya di antara gula pasir dan gula bubuk.

2. Rendah kalori

Pemanis buatan dikenal sebagai bahan tambahan pangan yang rendah kalori. Sementara, satu sendok teh gula pasir mengandung 16 kalori.

Kalori dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai salah satu sumber energi.

Hanya saja, kandungan kalori yang berlebih dapat berakhir menjadi lemak dan berakhir menjadi penumpukan lemak dan obesitas.

Dikutip dari Healthline, mengganti makanan dan minuman yang mengandung gula dengan pemanis buatan dapat membantu seseorang menurunkan berat badannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.