Kompas.com - 19/04/2021, 18:13 WIB
Ilustrasi es batu yang dituang ke dalam gelas. PEXELS/ COTTONBROIlustrasi es batu yang dituang ke dalam gelas.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Jika diamati lebih jeli, es batu rumahan biasanya berwarna putih susu. Berbeda dengan es batu di restoran yang warnanya bening. 

Es batu yang berwarna putih umumnya disebabkan oleh udara yang terperangkap di dalam air. Konon es batu putih lebih mudah mencair daripada es batu bening. 

Baca juga: Cara Membuat Es Krim dengan Garam dan Es Batu, Hasilnya Lembut

Berikut cara membuat es batu supaya lebih bening. Beberapa tipsnya juga dapat membuat es batu cepat beku.

1. Gunakan air matang atau air kemasan 

Ilustrasi seseorang tengah mengambil air mineral dari dispenser air. SHUTTERSTOCK/ELVIRA KONEVA Ilustrasi seseorang tengah mengambil air mineral dari dispenser air.

Es batu baiknya dibuat menggunakan air matang yang bersih. Hindari membuat es batu dari air mentah karena berpotensi menimbulkan penyakit.

Jika ingin lebih bening dan bersih, kamu bisa menggunakan air kemasan yang sudah disuling.

Baca juga: Resep Es Buah untuk Jualan, Pakai Bahan-bahan Ekonomis

2. Pakai air mendidih

Tim Ide Masak dalam buku "Seri Penganan Jadul Tetap Favorit: Aneka Es" terbitan PT Gramedia Pustaka Utama menyarankan untuk membuat es batu menggunakan air mendidih. 

Air mendidih mengandung lebih sedikit oksigen daripada air biasa, sehingga dapat membuat es batu lebih cepat beku dan hasilnya bening. 

Baca juga: Resep Es Buah Kekinian, Ide Menu Takjil yang Menyegarkan

Namun berhati-hatilah, karena konon air panas bisa membuat kulkas cepat rusak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X