Kompas.com - 16/04/2021, 13:45 WIB
Kastengel tak hanya memiliki rasa asin saja, tapi juga terdapat jenis lainnya yang memiliki rasa gurih nan manis, yakni sweet kastengel. Sweet kastengel dapat dibuat dengan campuran bahan susu kental manis. DOK. SHUTTERSTOCKKastengel tak hanya memiliki rasa asin saja, tapi juga terdapat jenis lainnya yang memiliki rasa gurih nan manis, yakni sweet kastengel. Sweet kastengel dapat dibuat dengan campuran bahan susu kental manis.


KOMPAS.com – Kastengel adalah salah satu jenis kue kering yang punya rasa gurih. Rasa gurih ini sebagian besar berasal dari penggunaan keju yang sangat royal.

Namun, ada juga beberapa pedagang yang mengakali rasa gurih ini dengan menggunakan kaldu ayam.

Menurut Pastry Chef Disy Ery Braswito, penggunaan kaldu ayam ini biasa dilakukan pedagang rumahan atau ibu-ibu di rumah jika ingin mengakali harga produksi.

Baca juga: Hati-hati Overmix Penyebab Kue Kering Gagal, Yuk Pelajari!

“Kadang kan ibu-ibu rumah tangga itu (keju) edamnya mahal banget. Sementara kita enggak bisa naikin (harga)," kata Disy ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

"Nah, dia triknya kasih gurih dari kaldu ayam. Enggak apa-apa sih enggak ada larangan selama itu enak dan bisa dikonsumsi,” jelas Disy.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan.

Menurutnya, ia beberapa kali juga menggunakan kaldu ayam untuk meningkatkan rasa gurih pada kastengel.

Baca juga: Resep Kastengel Keju ala Mamitoko untuk Isi Stoples Camilan di Rumah

“Kalau aku sih prefer pakai untuk nge-boost (meningkatkan) gurihnya,” ujar Arief ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Ia mengatakan rasa gurih atau umami juga merupakan rasa yang akrab bagi orang Indonesia sedari kecil. Salah satu sumber rasa gurih ini adalah kaldu ayam.

Ilustrasi kastengel tengah dicetak. Kue kastengel biasa disajikan saat Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi kastengel tengah dicetak. Kue kastengel biasa disajikan saat Lebaran di Indonesia.

Kaldu ayam yang digunakan pun berbentuk kaldu bubuk agar bisa lebih menyatu dengan adonan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X