Kompas.com - 15/04/2021, 18:07 WIB
Kurma. PEXELS/NAIM BENJELLOUNKurma.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kurma ajwa atau kurma nabi adalah salah satu jenis kurma premium yang banyak diminati.

Kurma ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang unik dan banyak manfaatnya.  Sayangnya, di pasaran banyak dijumpai produk kurma ajwa palsu.

Berikut cara membedakan kurma ajwa asli dan palsu seperti yang sudah Kompas.com dari beberapa sumber. 

Baca juga: Apa itu Kurma Ajwa? Kurma Premium yang Harganya Mahal

1. Cek warnanya 

Selain disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, berbuka dengan kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.FREEPIK/8PHOTO Selain disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, berbuka dengan kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari buku "Kurma dari Gurun ke Tropis" oleh Desi Sayyidati Rahimah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kurma ajwa asli memiliki warna coklat kehitaman yang pekat.

Sementara kurma ajwa palsu, biasanya warnanya mirip sama dengan kurma biasa, yakni coklat tetapi tidak sepekat kurma ajwa asli. 

Lebih jelilah ketika membeli kurma ajwa, karena beberapa pedagang ada yang mencampurnya dengan kurma biasa. 

Baca juga: Apa Bedanya Kurma Ajwa dengan Kurma Biasa?

2. Cicipi rasanya 

Cara membedakan kurma ajwa asli dan palsu ialah dengan mencicipnya, jika diizinkan oleh penjualnya. Kurma ajwa asli memiliki rasa yang tidak terlalu manis, ada sedikit asamnya. 

Sementara, kurma ajwa palsu rasanya cenderung manis. Mirip seperti kurma biasa kebanyakan.  

3. Perhatikan teksturnya

Ilustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X