Kompas.com - 14/04/2021, 11:36 WIB
Ilustrasi puding cendol. Dok. Sajian SedapIlustrasi puding cendol.

KOMPAS.com - Biji selasih punya banyak manfaat untuk kesehatan yang dapat membantu seseorang saat berpuasa.

Manfaat biji selasih di antaranya adalah mencegah panas dalam, melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, memberi kesegaran pada tubuh, dan dipercaya sebagai penambah daya ingat serta tonik.

Baca juga: Apa Bedanya Biji Selasih dan Biji Chia?

Umumnya biji selasih dicampur berbagai hidangan takjil, karena rasa biji selasih tawar. Namun demikian, biji selasih memberi variasi tekstur pada takjil

Berikut beberapa kreasi takjil dengan biji selasih seperti dirangkum Kompas.com dari buku “1500 Resep Minuman Laku Dijual” (2011) karya Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama:

1. Dicampur dengan cendol atau dawet

Biji selasih cocok jika dikreasikan dengan cendol atau dawet.

Beberapa resep dawet atau cendol yang bisa kamu coba di antaranya adalah Es Dawet Selasih, Es Dawet Selasih Ketan Hijau, Es Cendol Jeli Selasih, dan Dawet Selasih.

Baca juga: Resep Cendol Dawet Tepung Beras, Tanpa Kapur Sirih

Selain hanya dicampur dawet, kamu juga bisa menambahkan aneka bahan lain.
Kamu bisa mencampur selasih dengan cendol sagu aren, bubur sumsum, bubur ketan hitam, santan, dan sirup gula bersama selasih.

2. Dicampur kelapa

Selasih juga cocok jika dicampur dengan kelapa muda atau kelapa hijau. Misalnya, kamu bisa membuat Es Kelapa Cincau Hijau.

Cukup campurkan kelapa muda, cincau hijau, es serut, sirup terong belanda bersama biji selasih yang sudah direndam sebelumnya. Tambahkan kuah santan secukupnya.

3. Dibuat es campur dan es buah

Ilustrasi es campur. Dok. Shutterstock/Ariyani Tedjo Ilustrasi es campur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X