Kompas.com - 14/04/2021, 10:29 WIB
Ilustrasi es timun serut selasih Dok. Shutterstock/Amallia EkaIlustrasi es timun serut selasih


KOMPAS.com – Biji selasih merupakan salah satu bahan yang populer jadi campuran berbagai resep minuman segar.

Penggunaan biji selasih semakin populer khususnya saat bulan Ramadhan. 

Biji berwarna hitam dan berukuran kecil dari tanaman selasih ini memang dikenal punya segudang manfaat kesehatan.

Baca juga: Apa Itu Biji Selasih? Berasal dari Tanaman yang Mirip Kemangi

Manfaat biji selasih di antaranya mencegah panas dalam, melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, memberi kesegaran pada tubuh, dan dipercaya sebagai penambah daya ingat serta tonik.

Sebelum dikonsumsi, biji selasih perlu direndam dahulu menggunakan air selama beberapa menit hingga mengembang.

Dilansir Healthline, untuk merendam biji selasih kamu membutuhkan sekitar satu mangkuk air (237 gram) untuk satu sendok makan biji selasih.

Biarkan biji terendam selama 15 menit hingga benar-benar mengembang dan memiliki lapisan seperti gel abu-abu di sekitar bijinya.

Baca juga: Apa Bedanya Biji Selasih dan Biji Chia?

Jika kamu membuat suatu sajian yang mengandung banyak air, misalnya untuk es campur, es dawet, dan lainnya kamu tak perlu merendam biji selasih lebih dulu.

Langsung saja campurkan biji selasih kering ke dalam semua bahan es. Biarkan selasih mengembang langsung dalam campuran tersebut.

Es Selasih Nata de coco  dari Grand Whiz Poins Simatupang Jakartadok. Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta Es Selasih Nata de coco dari Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta

Sementara untuk penggunaan biji selasih pada sajian yang dipanggang, kamu tak perlu merendamnya dahulu. Cukup haluskan biji selasih, lalu jadikan sebagai pengganti tepung.

Kamu juga bisa menggunakan biji selasih sebagai pengganti telur untuk makanan yang dipanggang.

Baca juga: Resep Es Timun Serut, Tambah Selasih agar Lebih Sehat

 

Caranya dengan merendam sekitar satu sendok makan biji selasih dalam tiga sendok makan air untuk menggantikan satu butir telur.

Beberapa sajian yang cocok menggunakan biji selasih di antaranya aneka smoothies, milkshake, sup, salad dressing, yogurt, puding, oatmeal, pancake, roti dan muffin.



Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X