Kompas.com - 12/04/2021, 13:35 WIB
Ilustrasi pengusaha muda. Dok. Shutterstock/Odua ImagesIlustrasi pengusaha muda.

KOMPAS.com - Merintis sebuah usaha atau bisnis tak lepas dari kebutuhan dana sebagai modal usaha. Besar kecilnya dana yang diperlukan tergantung pada bidang bisnis tersebut.

Dalam hal ini peran investor menjadi sangat penting karena untuk membangun sebuah usaha rintisan, pengusaha membutuhkan dukungan dana yang cukup dari para investor.

Simak lima cara mendapatkan investor bagi pengusaha kuliner yang dihimpun dari Konferensi Pers Daring–Peluncuran Sekolah Bisnis Kuliner, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Kisah Sukses Donat Madu Cihanjuang, Bisnis Rumahan Jadi Waralaba

1. Miliki tujuan yang jelas

Menurut CEO Haus! Indonesia, Gufron Syarif, seorang pengusaha harus memiliki purpose (tujuan) yang jelas agar bisnis yang dijalankan bisa terlaksana dengan baik.

"Paling tidak, pengusaha harus thau mengenai apa yang akan dilakukan dalam kurun waktu lima hingga 10 tahun ke depan," kata Gufron.

Hal ini berguna untuk meyakinkan para calon investor yang akan menanamkan saham di sebuah perusahaan.

Baca juga: Sekolah Bisnis Kuliner Pertama di Indonesia Hadir di Bandung

Ia menyebutkan seorang pengusaha harus memiliki value yang lebih dari sekadar uang. 

Hal itu berarti ia menunjukkan bahwa bisnis yang dijalankan memang sesuai kemampuannya sehingga investor bisa yakin memberikan dana untuk modal.

2. Miliki technical skill

Selain tujuan yang jelas, Yuszak M. Yahya selaku CEO Serasa Group, mengatakan bahwa penting untuk memiliki kemampuan teknikal yang bagus.

Kemampuan teknikal yang dimaksud adalah kemampuan pengusaha untuk belajar banyak hal tentang sesuatu yang baru.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X