Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Masakan yang Cocok Ditaburkan Mecin atau MSG

Kompas.com - 06/04/2021, 09:36 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Banyak makanan yang bisa kamu buat menggunakan MSG. Baik itu jenis makanan berkuah atau tumisan.

MSG populer digunakan di resep-resep khas Asia. Sementara resep ala Amerika Latin dan Karibia biasa menggunakan MSG sebagai bumbu yang dibalurkan.

MSG bisa ditambahkan ke olahan daging, ikan, hingga telur. Juga ke rebusan atau sup.

Dilanisr dari The Spruce Eats, MSG akan membantu menyeimbangkan rasa manis dan asam, serta mengurangi rasa pahit alami dari beberapa jenis sayuran.

Baca juga: Apa Fungsi MSG dalam Masakan?

Khusus daging dan ikan, bisa digunakan sebagai bumbu balur kering. Sementara untuk sajian salad, MSG bisa ditambahkan langsung pada dressing sehingga bisa larut dan tersebar merata.

Jika menggunakan MSG sebagai bumbu tabur untuk kentang goreng, popcorn, keripik kentang, atau onion rings, kamu bisa menambahkannya di akhir sehingga rasa MSG akan “membangunkan” indera perasamu.

Makanan kemasan yang mudah ditemukan di supermarket juga mengandung MSG.

Makanan kemasan tersebut seperti keripik, biskuit, sup kalengan, mi instan, bumbu tabur, saus salad, daging yang diproses, dan lain-lain. MSG juga jadi salah satu bahan sajian di restoran cepat saji.

Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang. SHUTTERSTOCK/ Ulmus Media Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang.

Biasanya MSG digunakan sebelum atau saat proses memasak. Bersamaan dengan garam dan merica, serta perasa lainnya.

Baca juga: Cara Simpan MSG atau Mecin agar Awet

MSG bisa jadi pilihan mengurangi penggunaan garam dalam olahan makanan karena rasa asinnya akan jadi lebih kuat daripada biasanya. Sehingga kamu tak perlu menggunakan garam sebanyak biasanya.

Misalnya, untuk sebuah makanan yang akan disajikan untuk empat sampai enam orang, atau pun daging seberat ½ kilogram membutuhkan sekitar ¼ hingga ½ sendok teh MSG.

Namun saat memasak, memang sangat tergantung pada selera. Sebaiknya tambahkan MSG sedikit demi sedikit. Terlalu banyak MSG akan memberikan rasa yang tidak enak dan tidak akan meningkatkan rasa apa pun.

Jika menggunakan MSG dan garam, mulai dengan jumlah garam yang lebih sedikit untuk melihat bagaimana kedua bahan tersebut bersatu dan memberi rasa pada masakanmu.

Baca juga: Resep Sup Szechuan, Sup Kental ala Restoran Chinese Food

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com