Kompas.com - 02/04/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi telur Paskah. Dok. Unsplash/Bianca AckermannIlustrasi telur Paskah.

KOMPAS.com - Lomba menghias telur dan mencari telur bagi anak-anak adalah tradisi Paskah yang sering hadir di gereja Indonesia.

Di luar negeri, Paskah juga identik dengan telur cokelat. Pembuat cokelat artisan biasanya membuat telur cokelat dengan bentuk indah.

Mengapa Paskah identik dengan telur dan cokelat?

Dikutip dari artikel Kompas.com yang tayang Minggu (12/4/2020), banyak budaya kuno memandang telur sebagai simbol kehidupan.

Orang Hindu, Mesir, Persia, dan Fenisia (merujuk daerah Lebanon dan Suriah sekarang) percaya bahwa dunia dimulai dengan telur yang sangat besar.

Baca juga: 15 Makanan Khas Paskah dari Berbagai Negara, Sarat Makna

Orang Persia, Yunani, dan Cina memberikan hadiah telur selama festival musim semi untuk merayakan kehidupan baru di sekitar mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam beberapa tradisi, telur dilarang dikonsumsi selama Prapaskah, sehingga menjadi hidangan lezat ketika Paskah.

Pada 1290, Edward I dari Inggris mencatat pembelian 450 butir telur untuk diwarnai atau ditutupi dengan daun emas. Dia kemudian memberikan telur kepada anggota keluarga kerajaan.

Bermula dari hal tersebut, tradisi memberikan telur dengan hiasan menjadi kebiasaan.

Baca juga: Resep Roti Kepang dari Yunani, Tsoureki yang Muncul Saat Paskah

Versi lain dikutip dari BBC, tradisi menghias te;ur berawal ketika telur dilarang untuk dimakan selama minggu menjelang Paskah oleh pemimpin gereja.

Halaman:


Sumber BBC,Crosswalk
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X