Kompas.com - 31/03/2021, 20:38 WIB
Ilustrasi terong panggang. DOK.PIXABAY/RITAEIlustrasi terong panggang.

KOMPAS.com - Terong merupakan bahan masakan yang enak diolah menjadi apa saja. Mulai dari penyetan, sayur lodeh, dengan terong bakar.

Dibalik kelezatan masakan berbahan terong, ternyata terong menyimpan banyak fakta yang menarik untuk diketahui.

Salah satunya, air rebusan terong bisa diminum untuk membantu menurunkan berat bada. Selengkapnya, berikut 15 fakta seputar terong dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Resep Sayur Kuah Santan Berempah, Tambahkan Terong Ungu

1. Termasuk dalam sayuran nightshade family

Ilustrasi terong.DOK.PEXELS/ALEXANDR PODVALNY Ilustrasi terong.

Dilansir dari The Spruce Eats, terong termasuk dalam sayuran nightshade family yang mana dekat dengan zucchini, tomat, dan kentang.

Tumbuh dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna, terong tumbuh sumbur di iklim yang panas. Hampir semua benih dari varietas terong bisa dimakan dan dimasak dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Memiliki sebutan yang berbeda di Amerika dan Inggris

Dilansir dari Food and Wine, walau dalam bahasa Inggris terong disebut eggplant, tapi di Inggris terong disebut dengan aubergine dan di Amerika terong disebut dengan eggplant.

Bukan hanya di Inggris, di Perancis juga menyebut terong dengan sebutan aubergine. Kata aubergine berasal dari kata catalan alberginia yang berasa dari bahasa Arab al-badhinjan.

3. Dulunya terong berwarna putih

Dilansir dari Wonderpolis, pada tahun 1700-an, terong memiliki warna putih dengan bentuk kecil seperti telur angsa atau ayam.

Maka dari itu terong diberi nama eggplant karena mengacu pada bentuk dan warganya yang seperti telur.

Baca juga: Cara Masak Lodeh Terong, Makan Siang yang Praktis

4. Biji terong mengandung nikotin

Ilustrasi terong.DOK.PEXELS/MARK STEBNICKI Ilustrasi terong.

Biji terong mengandung nikotin seperti yang dilansir dari The Daily Meal. Kandungan nikotin itulah yang menyebabkan rasa pahit pada terong.

Namun tidak perlu gelisah, sekitar 9 kilogram terong mengandung kadar nikotin dalam satu batang rokok.

5. Seduhan terong

Meminum satu gelas air rebusan terong dan air lemon bisa membantu menurunkan berat badan. Pastikan untuk meminumnya secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi terong juga bisa membantu menurunkan berat badan. Itu karena terong mengandung banyak serat dan rendah kalori.

Baca juga: Resep Ayam Terong Cabai Kering, Cocok untuk Kamu Pencinta Pedas

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X