Kompas.com - 25/03/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi telur ceplok atau telur mata sapi di atas piring saji. SHUTTERSTOCK/EDUARD ZHUKOVIlustrasi telur ceplok atau telur mata sapi di atas piring saji.

KOMPAS.com - Biasanya kita menggoreng telur ceplok menggunakan minyak sayur atau mentega. Kalau ingin telur ceplok yang lebih sehat, coba goreng tanpa minyak.

Baca juga: Cara Membuat Telur Ceplok Bulat Sempurna dan Matang

Cukup gunakan daun pisang sebagai alas menggoreng di atas wajan. Manfaatkan kandungan lilin alami pada daun pisang.

Selain daun pisang, kamu bisa menggunakan daun lain yang mengandung lilin alami seperti daun pisang-pisangan atau disebut juga daun patat.

Berikut cara mudah bikin telur ceplok tanpa minyak goreng mengutip buku "Resep Sehat Alami Wied Harry Di Televisi" oleh Wied Harry Apriadji terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Disarankan menggunakan telur organik omega yang kaya kandungan omega-3, karena lebih alami. Namun, apabila tidak tersedia. Bisa pakai telur negeri.

Baca juga: Bedanya Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri, Lihat 4 Faktor Ini...

Ilustrasi daun pisang di atas wadah bambu. SHUTTERSTOCK/OQBAS Ilustrasi daun pisang di atas wadah bambu.

Resep telur ceplok tanpa minyak goreng

Bahan

  • 4 butir telur
  • 8 lembar daun pisang
  • 1 buah wajan teflon sebaiknya ukuran kecil

Baca juga: Resep Telur Ceplok Kecap, Masak Seperti Sayur Tumis

Cara menggoreng telur ceplok tanpa minyak

1. Bersihkan daun pisang dengan lap bersih. Potong selebar 15 sentimeter atau melingkar diameter 15 sentimeter.

2. Panaskan wajan di atas api sedang. Alasi dengan daun pisang, bagian hijau menghadap ke atas.

3. Pecahkan 1 butir telur di atas daun. Tutup dengan daun pisang lagi, bagian hijau menghadap ke bawah. Tutup wajan. Kecilkan api. Masak sampai telur matang bagian putih dan kuningnya.

Lakukan sampai telur habis. Ganti daun pisang setiap menggoreng telur lain.

4. Buka daun penutup telur. Rapikan daun alas dengan gunting. Letakkan di atas piring saji. Nikmati hangat sebagai lauk maupun kudapan sehat.

Baca juga: Resep Telur Ceplok Bumbu Rendang, Lauk Murah dan Simpel

Buku "Resep Sehat Alami Wied Harry Di Televisi" oleh Wied Harry Apriadji terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X