Kompas.com - 22/03/2021, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Ada macam-macam mengempukan daging sapi. Secara alami kamu bisa memarinasi daging sapi dengan baking powder kemudian bisa menggunakan daun pepaya atau nanas.

Pasalnya, hidangan seenak sate, rawon atau sate maranggi kalau tekstur daging sapinya tak empuk, maka akan menguramgi kenikmatan rasanya.

Baca juga: Cara Alami Mengempukkan Daging, Pengganti Meat Tenderizer Powder

Ada tips memotong daging sapi agar empuk oleh Chef Ozi Rakhman dari Aloft South Jakarta dalam program Grebek Dapoer (Gedor) Live Instagram @my.foodplace pada Jumat, 19 Maret 2021. Berikut tipsnya:

Ilustrasi daging kambing mentah sedang dipotong, siap untuk diolah. SHUTTERSTOCK/MIRONOV VLADIMIR Ilustrasi daging kambing mentah sedang dipotong, siap untuk diolah.

Cara memotong daging sapi agar empuk

Cara memotong daging sapi sebelum diolah agar lebih empuk, yaitu dengan memotong daging berlawanan dari arah seratnya.

“Lebih baik saat memotong daging sapi agar lebih empuk enaknya dipotong berlawanan dengan seratnya,” jelas Chef Ozi Rakhman dari Aloft South Jakarta.

Daging memiliki serat. Biasanya serat daging bisa terlihat dari arahnya. Lebih baik potong daging tipis-tipis atau berbentuk dadu melawan seratnya.

Dengan cara seperti ini maka daging akan lebih mudah empuk saat dimasak.

Namun, kamu yang memotong daging mengikuti seratnya maka daging akan terasa alot walau sudah direbus atau melewati proses masak.

Baca juga: Cara Rebus Daging Tanpa Presto, Hemat Gas dan Hasil Empuk

Ilustrasi dagingShutterstock/margouillat photo Ilustrasi daging

Pada progam Grebek Dapoer (Gedor) di Live Instagram @my.foodplace pada Jumat, 19 Maret 2021, Chef Ozy yang memperagakan resep membuat maranggi slider dan menyampaikan cara merebus daging sapi agar empuk.

Baca juga: Resep Maranggi Slider, Burger Mini dengan Daging Maranggi

Chef Ozy merebus daging sapi yang sudah dipotong dengan rempah selama lebih kurang 2 jam. Hal tersebut bisa membuat daging empuk dan bumbu meresap.

“Selain itu agar daging juga empuk bisa pakai presto, kalah dipresto waktunya lebih singkat sekitar 45 menit saja,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.