Kompas.com - 19/03/2021, 14:12 WIB
Ayam goreng buttermilk atau fried chicken. Dok. Pexels/Yanuar Putut WidjanarkoAyam goreng buttermilk atau fried chicken.

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, memasak seringkali dijadikan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Selain lebih sehat, ada kepuasan tersendiri ketika memakan masakan yang dibuat sendiri.

Tak hanya resep viral, kamu juga bisa membuat masakan klasik seperti ayam goreng buttermilk. Beberapa waktu lalu ayam goreng ini banyak dijual lewat online.

Kulit ayam yang renyah, daging yang juicy dan gurih, serta bumbunya yang meresap hingga kedalam membuat ayam goreng buttermilk banyak disukai.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Saus Inggris ala Restoran Chinese Food

Buttermilk merupakan cairan dari sisa pembuatan mentega. Bahan ini seringkali digunakan untuk merendam daging sebelum dilapisi tepung.

Selain sebagai bahan masakan, buttermilk juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti dapat menurunkan kolesterol, menurunkan asam lambung, dan juga rendah kalori.

Namun, buttermilk cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat buttermilk dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Salah satunya adalah dengan mencampurkan susu sebanyak 250 ml dengan satu sendok makan cuka atau perasan jeruk lemon.

Baca juga: Resep Kulit Ayam Crispy dengan 3 Langkah Mudah, Dijamin Kriuk!

Setelah itu didiamkan selama beberapa menit, tekstur dari susu akan berubah dan menyerupai buttermilk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X