Kompas.com - 16/03/2021, 09:08 WIB
Ilustrasi Baguette. shutterstock.com/alexpro9500Ilustrasi Baguette.

KOMPAS.comBaguette, roti tradisional khas Prancis diajukan masuk dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO oleh The Confederation of French Bakers.

Warisan budaya tak benda dari UNESCO bertujuan untuk mengakui tradisi lisan, seni pertunjukan, praktik sosial, ritual, dan metode pengerjaan tradisional.

Sebelumnya, cara kuno membuat roti pipih di Iran dan Kazakhstan telah masuk daftar warisan budaya tak benda UNESCO.

Para pembuat roti di Perancis mengatakan bahwa membeli roti baguette tradisional dari toko kecil setempat sudah menjadi tradisi mereka selama puluhan tahun.

Namun, tradisi tersebut meredup seiring hadirnya baguette yang diproduksi pabrik roti besar. Sekitar enam juta baguette dijual setiap hari di Perancis.

Baca juga: Resep Wool Roll Bread Lotus Biscoff, Roti Benang Wol yang Videonya Viral

Dikutip dari CNN.com, President of the Confederation for French Bakers Dominique Anract, mengatakan tradisi yang jadi bagian budaya itu terancam.

Sebab, sekitar 30.000 toko roti tutup sejak 1950-an saat supermarket mengambil alih penjualan roti.

Pembuat roti tradisional mengatakan bahwa daftar UNESCO dapat melindungi pengetahuan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Hal ini juga bisa melindungi baguette dari peniru di seluruh dunia.

Ilustrasi Baguette.shutterstock.com/Anastasiia+Yanishevska Ilustrasi Baguette.

"Tidak ada satu rahasia pun untuk membuat baguette tradisional yang bagus," kata Mickael Reydellet, pemilik delapan toko roti di Perancis.

Baca juga: Resep Roti Unyil Isi Ayam, Camilan yang Bikin Kenyang

Halaman:


Sumber CNN.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X