Kompas.com - 14/03/2021, 19:07 WIB
Ilustrasi ayam betutu khas Bali, dihidangkan dengan sambal matah, jukut antungan, dan lawar nangka. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOIlustrasi ayam betutu khas Bali, dihidangkan dengan sambal matah, jukut antungan, dan lawar nangka.

KOMPAS.com - Masakan khas Bali memang terkenal memiliki cita rasa yang kuat dan tajam. Salah satunya, ayam betutu yang terkenal dan bisa ditemui di beberapa kota besar di Indonesia.

Masakan dengan cita rasa kaya akan rempah ini biasanya menggunakan ayam atau bebek.

Racikan bumbu base genep khas Bali dan cabai yang digunakan membuat ayam betutu terasa nikmat.

Baca juga: Apa Itu Base Genep? Bumbu Dasar Masakan Khas Bali

Ada sejarah panjang dari masakan dengan cita rasa pedas yang khas ini.

Selengkapnya, berikut penjelasan singkat mengenai asal-usul ayam betutu yang menarik untuk disimak.

Apa itu ayam betutu

Ilustrasi ayam betutu Gilimanuk. Ayam betutu adalah kuliner khas Bali. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi ayam betutu Gilimanuk. Ayam betutu adalah kuliner khas Bali.

Dilansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada Jumat (17/04/2020), Sejarawan Kuliner Fadly Rahman dalam tayangan “Tradisi Asli Nusantara: Ayam Betutu” di saluran Youtube Televisi Edukasi menjelaskan, “Kalau kita lihat di Bali bebek atau ayam betutu itu sangat pekat asal muasalnya dengan wilayah Gianyar wilayah Ubud, Bali sana”.

Baca juga: Sejarah Ayam Betutu, Hidangan Khas Bali Pengaruh Budaya Majapahit

Ayam betutu kemudian menyebar ke kawasan Gilimanuk, Jembrana. Sekarang ini, ayam betutu sudah menyebar ke berbagai kota dan menjadi salah satu kuliner ikonik khas Bali yang juga dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Kata betutu yang melekat pada masakan ayam betutu sebenarnya adalah proses mengolah daging ayam dan bebek.

“Nama betutu sebetulnya itu bukan nama makanan tapi proses mengolah daging ayam atau bebek menjadi sebuah makanan”, jelas Fadly Rahman.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X