Kompas.com - 13/03/2021, 18:03 WIB
Empal gentong. Dok. Hotel Santika CirebonEmpal gentong.

 

KOMPAS.com - Sedang merencanakan agenda untuk berkunjung ke Cirebon? Jangan lupa untuk mengunjungi 15 tempat makan di Cirebon yang sayang untuk dilewatkan.

Di sini, kamu bisa menemukan banyaknya kedai makanan mulai dari kudapan manis hingga makanan berat yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Baca juga: 5 Kuliner Malam di Cirebon, dari Bubur Sop sampai Nasi Lengko

Namun, pastikan untuk selalu jaga jarak dan patuhi protokol keseharan. Ada baiknya juga membungkus makanan untuk dimakan di rumah selama pandemi.

Simak dan catat deretan kuliner di Cirebon yang menggugah selera berikut.

1. Serabi Pulasaren

Serabi Pulasaren berlokasi di Jalan Pulasaren, Pekalipan, Cirebon. Buka dari pukul 11.00-21.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu serabi. Mulai dari yang rasanya asin sampai yang rasanya manis. Ada pilihan topping yang melimpah, seperti irisan nangka, meses, irisan sosis ayam, hingga taburan keju.

Buat kamu yang suka dengan serabi polos tanpa topping juga bisa. Harga per serabi dibanderol mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 15.000.

2. Rumah Makan Klapa Manis

RM Klapa Manis di Cirebon. DOK.FACEBOOK/RM KLAPA MANIS RM Klapa Manis di Cirebon.

Rumah Makan Klapa Manis bisa kamu jadikan tempat makan keluarga yang mengasyikkan.

Ada deretan menu masakan khas Nusantara seperti ikan bakar, nasi liwet, nasi timbel, hingga nasi goreng dengan harga mulai dari Rp 30.000 per porsinya.

Selain dimanjakan dengan menu masakannya, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah di sekitar restoran.

Lokasinya berada di Jalan Raya Gronggong, Patapan, Beber, Kota Cirebon. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Baca juga: 7 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Nagih

3. Nasi Jamblang Pelabuhan (Hj. Sumarni)

Nasi jamblang merupakan kuliner yang bisa kamu temui di Cirebon. Salah satu tempat makan nasi jamblang terkenal di Cirebon adalah Nasi Jamblang Pelabuhan (Hj. Sumarni).

Ada nasi jamblang dengan lauk pauk yang melimpah. Disajikan dalam sebuah piring dengan alas daun jati yang menambah aroma wangi masakan.

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso Nomor 1. Buka dari pukul 06.00-21.00 WIB. Cocok jadi tempat sarapan selama di Cirebon.

4. Nasi Lengko H Barno

Masih dengan menu nasi yang mengenyangkan, di Cirebon ada Nasi Lengko H Barno yang bisa kamu cicipi.

Masakan khas Cirebon ini disajikan dengan nasi putih, taoge rebus, tempe, dan tahu yang disiram dengan saus kacang. Tidak lupa ada taburan kucai dan kecap.

Selain menjual nasi lengko, tempat makan di Cirebon ini juga menjual sate kambing dengan cita rasa yang tak perlu diragukan lagi.

Lokasinya berada di Jalan Pagongan Nomor 15B. Buka dari pukul 08.00-22.00 WIB.

5. Bubur M Toha

Suka merasa lapar di tengah malam? Tenang, di Cirebon ada tempat makan bubur yang buka 24 jam. Lokasinya berada di Jalan Moh Toha, Cirebon.

Menjual seporsi bubur ayam dengan topping komplet. Ada tambahan telur setengah matang sebagai pilihan topping, jika suka.

Selain bubur ayam, ada manis bubur manis yang bisa kamu coba yakni bubur ketan hitam dengan santan yang terasa gurih.

Baca juga: 8 Jajanan di Puncak Jawa Barat, Ada Mochi dan Jagung Bakar

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X