Kompas.com - 05/03/2021, 12:37 WIB
Ilustrasi lepet jagung yang dibungkus menggunakan kloboto atau kulit jagung. SHUTTERSTOCK/ Mufid AbdurrahmanIlustrasi lepet jagung yang dibungkus menggunakan kloboto atau kulit jagung.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Lepet jagung adalah camilan tradisional khas Indonesia yang banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sekilas resep lepet jagung mirip dengan lemet, tetapi bahan dasarnya berbeda. Lemet terbuat dari parutan singkong, sedangkan lepet jagung terbuat dari parutan jagung manis. 

Baca juga: Resep Talam Jagung Hunkwe, Camilan Tradisional yang Direbus

Camilan tradisional ini dapat dinikmati pada sore hari sebagai teman minum teh. Atau, bisa juga dijadikan sebagai menu untuk jualan. 

Ikuti resep lepet jagung kukus dari buku "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 Resep Masakan dan Kue Legendaris" oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga: 6 Jenis Jagung di Indonesia, Tidak Semua Bisa Dimasak

Resep lepet jagung 

Bahan

  • 10 buah jagung yang masih ada kulitnya 
  • 1/2 butir kelapa yang agak muda
  • 3 sdm tepung ketan 
  • 2 sdm gula atau secukupnya
  • Sejumput garam 

Cara membuat lepet jagung

1. Kupas jagung dengan hati-hati supaya kulitnya tidak rusak. Kulit jagung akan digunakan untuk membungkus. 

2. Parut biji jagung dan kelapa. Campur dua bahan tersebut dalam satu wadah. Tambahkan tepung ketan, aduk rata. Masukkan gula dan garam, aduk kembali sampai bahan tercampur.

Baca juga: Resep Puding Jagung Manis Saus Santan, Dessert Jadul yang Enak

3. Ambil satu lembar kulit jagung, isi dengan satu sendok makan bahan lepet atau sesuai selera. Gulung sampai semua bahan habis. 

4. Panaskan kukusan selama 10 menit. Tata lepet di atas kukusan, masak hingga matang sekitar 20 sampai 30 menit. Sajikan selagi hangat. 

Buku "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 Resep Masakan dan Kue Legendaris" oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X