Kompas.com - 05/03/2021, 09:36 WIB
Ilustrasi jagung muda atau putren SHUTTERSTOCK/ Kritchai7752Ilustrasi jagung muda atau putren
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Putren adalah jagung yang dipanen saat masih muda. Maka tidak heran jika putren juga disebut sebagai baby corn.

Karena dipanen saat masih muda, putren tidak mengandung banyak pati dan gula seperti biji jagung.

Melansir dari Live Strong, 128 gram jagung muda mengandung lima gram karbohidrat dan tiga gram serat. Sementara pada takaran yang sama, biji jagung mengandung 13,5 gram karbohidrat.

Baca juga: Cara Kupas Jagung dengan Cepat, Bisa Pakai Microwave

Cara menyiapkan jagung muda atau putren sebelum dimasak

Sebelum diolah, sebaiknya putren dicuci terlebih dulu menggunakan air mengalir. Kemudian, keringkan menggunakan tisu dapur dengan cara ditepuk-tepuk.

Ukuran putren biasanya cukup kecil, jadi bisa dimasak dalam kondisi utuh. Namun apabila ingin ditumis, putren bisa dibelah menjadi dua bagian panjang. 

Kamu juga dapat memotongnya menjadi bentuk bulat atau serong. Pastikan putren sudah dibersihkan dari kulitnya supaya kelihatan lebih rapi saat dimasak.

Baca juga: Cara Simpan Jagung Rebus, Bisa Dibekukan untuk Jadi Stok

Cara memasak jagung muda atau putren 

Ilustrasi putren atau jagung muda. PIXABAY/ PDPics Ilustrasi putren atau jagung muda.

Jagung muda tidak boleh dimasak terlalu lama karena akan menjadi lembek dan kehilangan rasa.

Cara memasak jagung muda sederhana saja. Kamu dapat membumbuinya dengan bumbu sederhana seperti cabai, bawang putih, aneka herba, kecap-kecap, dan mentega. 

Dilansir dari BBC Good Food, berikut cara memasak jagung muda agar rasanya tetap manis dan renyah teksturnya. 

Baca juga: 3 Cara Pilih Jagung Manis Kualitas Baik, Perhatikan Kulit dan Rumbainya

1. Cara merebus jagung muda

Didihkan sepanci air, beri sedikit garam. Kecilkan api, lalu masukkan jagung muda. Masak selama empat sampai lima menit. Tiriskan lalu aduk dan beri mentega atau bumbu lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X