Kompas.com - 04/03/2021, 21:09 WIB
Potongan hati sapi. SHUTTERSTOCK/DMITRY MELNIKOVPotongan hati sapi.

KOMPAS.com - Buat kamu yang baru saja membeli hati sapi dalam jumlah banyak, ada cara simpan di kulkas yang bisa kamu ikuti.

Hati sapi yang disimpan dengan tepat bisa menjaga nutrisi dan kesegarannya. Siapkan wadah kedap udara atau bungkus plastik bersih untuk membungkus hati sapi.

Selengkapnya, berikut cara simpan hati sapi di kulkas.

Baca juga: Cara Pilih Hati Sapi yang Segar, Bekal Bikin Masakan Jeroan Lezat

1. Keringkan dengan kain

Pilih hati sapi yang segar agar tetap enak diolah nantinya. Ciri hati sapi yang masih segar bisa dilihat dari warnanya yang merah terang dan teksturnya mulus.

Dilansir dari The New York Times, keluarkan hati sapi dari kemasannya dan keringkan dengan kain kering untuk menjaga permukaannya.

Tepuk-tepuk hati sapi dengan kain kering agar permukaannya tetap kering. Kemudian, masukkan ke dalam wadah kedap udara atau plastik.

Simpan hati sapi mentah di tempat yang terpisah dari jeroan lainnya.

Hati sapi mentah baiknya hanya disimpan di lemari es selama satu sampai dua hari saja.

2. Bungkus dengan kantong plastik

Pastikan untuk tidak menaruh hati sapi di suhu ruangan terlalu lama.

Dilansir dari Still Tasty, bakteri bisa tumbuh pesat di hati sapi yang berada di suhu ruangan selama lebih dari dua jam.

Kalau hati sapi sudah ditepuk-tepuk dengan kain kering. Siapkan kantong plastik atau wadah kedap udara untuk membungkus hati sapi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alumunium foil untuk membungkusnya.

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Jeroan Kambing dan Sapi

3. Simpan di freezer

Dilansir dari Food and Wine, hati sapi yang disimpan di dalam freezer akan bertahan hingga empat bulan lamanya. Maka dari itu, sebaiknya selalu simpan hati sapi yang sudah dibungkus plastik ke dalam freezer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X