Kompas.com - 04/03/2021, 09:34 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Hampir semua bagian jagung bisa dimanfaatkan. Termasuk rambut atau serabut jagung. Rambut jagung bisa digunakan untuk membuat teh herbal yang berkhasiat.

Teh dari rambut jagung dikenal dengan nama corn silk tea. Sebelum diseduh dengan air, rambut jagung dikeringkan terlebih dulu di bawah sinar matahari minimal dua hari. 

Baca juga: Cara Kupas Jagung dengan Cepat, Bisa Pakai Microwave

Rambut jagung yang sudah dikeringkan bisa diseduh kapan saja. Namun sebaiknya minumlah sesuai kebutuhan karena teh ini memiliki sifat diuretik atau memicu buang air kecil.

Walau begitu corn silk tea ini dipercaya baik untuk kesehatan, seperti mencegah peradangan dan diabetes, dilansir dari Healthline.

Ikuti cara membuat teh rambut jagung dari laman Organic Facts berikut.

Baca juga: Cara Keringkan Jagung, Bekal Bikin Popcorn dan Marning

Resep teh rambut jagung

Bahan

  • 450 ml air
  • 2 sdm rambut jagung kering
  • 1 sdt madu atau secukupnya

Cara membuat teh rambut jagung

1. Rebus air dan rambut jagung yang sudah dikeringkan sampai airnya mendidih. Masak dengan api kecil saja selama 10 menit supaya rasa tehnya lebih pekat. 

2. Matikkan api, biarkan rambut jagung terendam selama 30 menit. Jika sudah, saring airnya lalu tuang ke dalam gelas saji dan tambahkan madu sebagai pemanis.

Teh rambut jagung siap dinikmati.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.