Kompas.com - 02/03/2021, 10:34 WIB
Ilustrasi jagung muda di atas meja. PIXABAY/ Jill Wellington Ilustrasi jagung muda di atas meja.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cara mengupas jagung tidak semudah sayuran atau buah lainnya. Di dalam jagung terdapat rambut-rambut yang menempel dan sulit dihilangkan.

Walau begitu kamu harus membersihkannya supaya tidak mengganggu saat dimakan.

Melansir dari laman The Spruce Eats, berikut cara mengupas dan membersihkan jagung dengan mudah.

Baca juga: 6 Jenis Jagung di Indonesia, Tidak Semua Bisa Dimasak

1. Periksa kulit jagung

Ilustrasi jagung manis muda belum dikupas. PIXABAY/ ????? ???????? Ilustrasi jagung manis muda belum dikupas.

Untuk mempermudah proses pengupas, pilihan jagung yang kulitnya keras dan menempel erat di bonggolnya.

Hindari memilih jagung yang kulitnya sudah layu karena sulit dibersihkan. Selanjutnya, siapkan tempat sampah lalu kupas kulitnya.

Baca juga: 3 Cara Pilih Jagung Manis Kualitas Baik, Perhatikan Kulit dan Rumbainya

2. Tarik kulit jagungnya menggunakan tangan

Sebagian orang menguliti jagung dengan mencabut daunnya satu per satu. Cara ini memang berhasil, tapi akan lebih lama selesainya.

Baiknya bagi dulu ujung kulit jagung yang runcing menjadi dua bagian. Kemudian tarik satu bongkah kulit ke bawah sampi ke ujung bongkolnya. Lakukan pada satu bagian lainnya.

 

Jika ukuran jagung terlalu besar, kamu dapat membagi ujungnya menjadi tiga atau empat bagian. Setelah ditarik ke bawah, balik kulitnya lalu patahkan atau cabut dari bonggolnya.

Baca juga: Cara Rebus dan Kukus Jagung, Beda Durasi Masaknya

3. Bersihkan rambut jagung

Ilustrasi jagung muda belum dibersihkan dari rambut-rambutnya. PIXABAY/Couleur Ilustrasi jagung muda belum dibersihkan dari rambut-rambutnya.

Bersihkan rambut jagung dengan mencabutnya menggunakan tangan. Kamu juga dapat menggunakan penjepit seperti pingset untuk mencabut rambut jagung yang pendek. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X