Kompas.com - 28/02/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi sambal bawang teri asin di atas cobek. SHUTTERSTOCK/SUKARMAN STIlustrasi sambal bawang teri asin di atas cobek.

KOMPAS.com - Sambal bawang bisa kamu kreasikan dengan tambahan teri asin. Coba resep sambal bawang teri asin di rumah, bisa kamu jadikan cocolan maupun lauk makan nasi putih hangat.

Kamu hanya perlu menyiapkan teri asin, bawang putih, cabai rawit merah, dan cabai merah besar. Kalau ingin rasa sambal lebih pedas, tambah takaran cabai rawit merah.

Sisca Soewitomo membagikan cara membuat sambal bawang teri asin dalam buku "Step by Step: 50 Resep Lauk Sambal" terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga: 20 Sambal Khas Indonesia, Sambal Terasi sampai Embe

Resep sambal bawang teri asin

Bahan

  • 200 gram teri asin
  • 2 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Baca juga: Resep Sambal Bawang Sederhana, Cocok untuk Anak Kos

Cara membuat sambal bawang teri asin

1. Panaskan minyak dalam wajan teflon. Goreng teri asing sampai matang. Angkat dan sisihkan.

2. Goreng cabai merah besar, cabai rawit merah, dan bawang putih sampai layu. Angkat.

3. Siapkan cobek. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang putih, dan garam. Tambahkan teri asin, haluskan lagi. Aduk rata.

Sajikan sambal bawang teri asin dengan nasi kuning.

Baca juga: Masak Apa Hari Ini? Coba Resep Nasi Kuning Rice Cooker

Buku "Step by Step: 50 Resep Lauk Sambal" karya Sisca Soewitomo terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli di Gramedia.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X