BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frisian Flag

Susu Kental Manis Bisa untuk Kreasi Kue Kering? Yuk, Cari Tahu!

Kompas.com - 27/02/2021, 10:01 WIB
Aneka kue kering. DOK. SHUTTERSTOCKAneka kue kering.

KOMPAS.com - Kue kering susu kental manis menjadi salah satu camilan yang disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat.

Meskipun bisa dibeli dengan mudah, tak ada salahnya kamu mencoba membuat sendiri kue kering favoritmu. Selain menghemat pengeluaran, kamu bisa bebas berkreasi membuat kue kering sendiri sesuai dengan selera yang dikehendaki.

Untuk membuat kue kering, kamu bisa mencoba campuran susu kental manis. Bahan ini mudah didapat, simpel, dan harganya terjangkau.

Sebagai informasi, menurut Codex Alimentarius Commission (CAC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) regulasi No 21/2016, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula sehingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Sejarah susu kental manis

Sejarawan makanan dari Departemen Sejarah Universitas Padjadjaran (Unpad) Fadly Rahman mengatakan, susu kental manis tercipta dari permasalahan konsumsi susu di Eropa pada awal abad ke-19.

Saat itu, lanjut Fadly, susu kerap cepat basi dan asam jika tidak segera dikonsumsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apalagi, saat itu belum ada teknologi pendingin. Jadi, susu selalu basi dan terbuang sehingga harus segera dikonsumsi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Pada 1820, lanjutnya, penemu asal Perancis bernama Nicolas Appert yang memang terobsesi mencari berbagai cara untuk mengawetkan makanan berhasil membuat susu kental yang diawetkan dalam botol.

Baca juga: Bedanya Susu Evaporasi dengan Susu Kental Manis

Hal serupa juga dilakukan Gail Borden Jr di Amerika Serikat. Borden membuat susu kental pada 1853 karena anak-anaknya meninggal akibat buruknya kualitas susu.

“Tiga tahun kemudian, Borden mematenkan proses penguapan susu dengan tekanan rendah untuk menghasilkan susu kental manis,” jelasnya.

Baru pada 1884, John B Meyenberg mematenkan proses sterilisasi susu kental dalam kaleng. Bentuk ini masih digunakan hingga sekarang.

Baca juga: Resep Kue Kering Greentea Almond Cookies, Cuma Butuh 5 Langkah

“Susu kental manis pun hadir di Indonesia mulai 1870-an secara impor. Sejak saat itu, Indonesia mulai memproduksi susu kental manis dalam kaleng secara perlahan dan mandiri,” kisah Fadly.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kini susu kental manis tak hanya tersedia dalam kemasan kaleng. Susu tersebut juga dihadirkan dalam kemasan saset dan pouch.

Resep kue kering dengan susu kental manis

Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman, susu kental manis juga bisa diolah sebagai bahan utama membuat kue kering.

Agar mendapatkan cita rasa yang lezat, sebaiknya gunakan susu kental manis berkualitas tinggi yang dibuat dari susu segar. Biasanya, susu kental manis ini ditandai dengan tulisan “full cream” pada kemasan kalengnya.

Jika susu kental manis sudah didapatkan, saatnya berkreasi membuat kue kering. Berikut beberapa rekomendasi resep kue kering menggunakan susu kental manis yang bisa kamu coba.

Kue kering klasik merupakan salah satu camilan yang bisa diolah menggunakan bahan susu kental manis. Topping cokelat yang ada di bagian atas akan semakin menambah kenikmatan kue kering klasik.DOK. SHUTTERSTOCK Kue kering klasik merupakan salah satu camilan yang bisa diolah menggunakan bahan susu kental manis. Topping cokelat yang ada di bagian atas akan semakin menambah kenikmatan kue kering klasik.

1. Kue kering klasik

Rekomendasi resep kue kering pertama yang bisa kamu coba adalah kue kering klasik. Berikut bahan yang bisa kamu siapkan.

  • 8 sendok makan (sdm) tepung terigu
  • 2 sdm margarin
  • 1 saset susu kental manis
  • Cokelat leleh untuk topping

Cara membuat kue kering klasik:

  1. Persiapkan dan panaskan terlebih dahulu oven yang akan digunakan.
  2. Sambil menunggu oven panas, campurkan susu kental manis dan margarin. Kocok dengan whisk (pengaduk). Lalu, tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis.
  3. Setelah adonan kalis, gilas dan pipihkan adonan di atas permukaan yang datar. Kemudian, cetak adonan menggunakan cetakan sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  4. Setelah adonan kue dicetak, letakkan di loyang. Lalu, panaskan di oven sekitar 10 menit pada suhu 160 derajat Celcius.
  5. Jika kue kering sudah matang, angkat loyang dan diamkan kue kering hingga tidak panas. Setelah dingin, tambahkan cokelat leleh di atas kue kering sebagai penghiasnya. Diamkan hingga cokelat mengeras.
  6. Kue kering manis siap disajikan atau disimpan di dalam wadah penyimpanan kue.

Kastengel tak hanya memiliki rasa asin saja, tapi juga terdapat jenis lainnya yang memiliki rasa gurih nan manis, yakni sweet kastengel. Sweet kastengel dapat dibuat dengan campuran bahan susu kental manis.DOK. SHUTTERSTOCK Kastengel tak hanya memiliki rasa asin saja, tapi juga terdapat jenis lainnya yang memiliki rasa gurih nan manis, yakni sweet kastengel. Sweet kastengel dapat dibuat dengan campuran bahan susu kental manis.

2. Sweet kastengel

Jika biasanya kastengel rasanya asin dan gurih, kali ini kamu bisa membuat kreasi kastengel dengan rasa manis. Keunikan rasa ini bisa jadi solusi untuk orang-orang yang kurang suka kue dengan rasa asin dan gurih. Penasaran ingin coba kreasi sweet kastengel? Siapkan bahan-bahan berikut untuk membuatnya.

  • 90 gram butter
  • 60 gram margarin
  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula halus (atau sesuai selera)
  • 2 butir kuning telur
  • 100 gram keju parut
  • 2 sdm susu bubuk putih

Bahan olesan:

  • 1 butir kuning telur
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat sweet kastengel:

  1. Campurkan dan aduk gula halus serta butter dengan mikser. Lalu, campurkan kuning telur dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  2. Setelah tercampur rata, masukkan keju parut dan aduk kembali hingga merata. Kemudian, masukkan tepung terigu dan susu bubuk ke dalam adonan. Lalu, aduk lagi hingga tercampur rata.
  3. Setelah adonan tercampur rata, gulung dan cetak adonan dengan bentuk persegi panjang (sesuai dengan bentuk kastengel pada umumnya). Jika sudah selesai, letakkan di atas loyang.
  4. Oleskan campuran bahan (kuning telur dan susu kental manis) pada adonan yang sudah dicetak, lalu taburkan parutan keju.
  5. Panggang adonan kastengel selama 30 menit dengan api sedang.
  6. Setelah matang, pindahkan kastengel ke dalam wadah dan tunggu hingga tidak panas. Lalu, masukkan kastengel ke dalam wadah kue kering.
  7. Kue sweet kastengel siap disajikan.

Siapa sangka susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan untuk menghasilkan biji ketapang yang manis dan lezat.DOK. SHUTTERSTOCK Siapa sangka susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan untuk menghasilkan biji ketapang yang manis dan lezat.

3. Biji Ketapang

Resep kue kering lainnya yang bisa kamu coba adalah biji ketapang. Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan bahan-bahan berikut.

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 6 sdm mentega
  • 3-4 sdm susu kental manis
  • Air secukupnya
  • Sejumput garam
  • 1 bungkus vanili

Cara membuat biji ketapang:

  1. Campurkan mentega, susu kental manis, gula, garam, dan telur di wajan, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga seluruh bahan tercampur rata.
  2. Siapkan wadah baru, masukkan tepung terigu, vanili, dan campurkan bahan cair yang sudah dimasak sambil diaduk secara perlahan. Jika adonan mulai memadat, aduk adonan menggunakan tangan hingga kalis atau tidak menempel pada permukaan wadah. Jika adonan tidak kunjung kalis, tambahkan air sedikit demi sedikit.
  3. Jika adonan sudah kalis, bentuk menjadi gulungan panjang, lalu potong-potong secara serong.
  4. Setelah adonan biji ketapang sudah dibentuk, goreng adonan dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  5. Setelah suhunya tidak lagi panas, biji ketapang manis siap disajikan.

Itulah beberapa rekomendasi resep dan cara membuat kue kering dengan campuran susu kental manis yang cukup mudah untuk dicoba.

Selamat berkreasi!


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.