Kompas.com - 26/02/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi nasi liwet magic com. SHUTTERSTOCK/ Hanifah KurniatiIlustrasi nasi liwet magic com.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Nasi liwet sunda terkenal dengan lauknya yang beragam. Tampilannya jadi semarak dan menarik untuk makan bancakan (tradisi makan bersama-sama dalam satu alas makan).

Dosen Sastra Sunda Universitas Padjajaran, Teddi Muhtadin, pada Kompas.com, Minggu  (11/6/2017) menyebut bahwa bahan nasi liwet sunda biasanya adalah beras yang dibumbui dengan garam, bawang merah, dan bawang putih.

Ada pula daun salam, serai, lengkuas, cabai, minyak kelapa, dan ikan asin.

Baca juga: Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sunda, dari Sejarah sampai Lauk Pendamping

Jenis ikannya bisa disesuaikan dengan selera. Bahan-bahan tersebut dicampur langsung saat nasi setengah matang.

Berikut lauk pendamping untuk nasi liwet sunda, yang bisa jadi inspirasi masak untuk makan bersama keluarga. 

1. Ikan asin jambal roti

Ikan asin jambal roti bisa dipotong-potong lalu dimasak bersama dengan nasi liwetnya. Dapat pula ditumis dengan cabai hijau lalu disajikan sebagai lauk pendamping.

2. Ikan pindang 

Sama seperti ikan asin jambal roti, ikan pindang bisa dimasak bersama nasi liwetnya. Selain itu kamu juga dapat menggorengnya lalu sajikan sebagai pelengkap nasi liwet. 

3. Cumi asin

Cumi asin dapat menjadi altenatif jika sedang kehabisan stok ikan asin. Kamu dapat membuat tumis asin cabai hijau lalu sajikan bersama nasi liwet dan lauk lainnya. 

Baca juga: Resep Nasi Liwet Cumi Rice Cooker, Masak Singkat Sebelum Sarapan

Ada juga yang memasukkan cumi asin ke dalam nasi liwet. Namun, sebaiknya cumi asin sudah direndam dengan air terlebih dulu supaya tidak keasinan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X