Kompas.com - 25/02/2021, 20:32 WIB
Ilustrasi sambal jengkol cabai hijau. Dok.Shutterstock/Tati Studio 1105Ilustrasi sambal jengkol cabai hijau.

KOMPAS.com - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki tekstur dan rasa yang khas. Kamu bisa mengolahnya menjadi masakan pedas dengan resep sambal jengkol cabai hijau berikut.

Baca juga: Resep Jengkol Balado Khas Padang, Santap dengan Nasi Hangat

Bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Hanya membutuhkan tiga bahan saja, kamu sudah bisa menyajikan masakan pedas dan menggiurkan berbahan jengkol.

Ikuti resep sambal jengkol cabai hijau dari buku “All About Jengkol & Petai” (2013) oleh Aan Roswaty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep sambal jengkol cabai hijau

Bahan:

  • 250 gram jengkol

Bahan yang ditumbuk kasar:

  • 100 gram cabai hijau
  • 7 butir bawang merah
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat sambal jengkol cabai hijau:

1. Geprek jengkol yang sudah direbus. Goreng dengan minyak panas hingga warnanya kuning kecokelatan dan teskturnya kering. Angkat dan tiriskan.

Baca juga: Resep Rendang Jengkol, Variasi Nikmati Rendang

2. Tumis bumbu yang sudah diulek kasar dengan tiga sendok makan minyak goreng. Masukkan jengkol goreng ke dalam ulekkan bumbu. Masak hingga bumbu meresap.

3. Angkat dan sajikan.

Buku “All About Jengkol & Petai” (2013) oleh Aan Roswaty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X