Kompas.com - 12/02/2021, 21:31 WIB
Ilustrasi sate kambing bumbu kacang Shutterstock/Ika Rahma HIlustrasi sate kambing bumbu kacang
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kota Surabaya memiliki beberapa kawasan pecinan atau China town. AdaKembang Jepun atau Kya-kya, Tambak Bayan, hingga wilayah perkampungan Kapasan Dalam. 

Ketiga wilayah ini memiliki banyak spot kuliner enak yang bisa dijelajahi. Walau berlabel china town, tetapi juga ada spot kuliner halal yang dapat dicoba. 

Kamu yang sedang berada di Surabaya atau hendak ke sana, barangkali bisa menjajal beberapa spot kuliner yang berada di kawasan pecinan ini. Berikut daftarnya. 

Baca juga: 10 Tempat Jual Hampers Imlek di Surabaya, Harga Mulai Rp 50.000-an

1. Ahong Chinese Food

Depot masakan China ini menjual beraneka hidangan, seperti nasi goreng, i fu mie, hingga ayam krispi dengan beragam saus. 

Harga makanannya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 100.000. Alamat tepatnya berada di Jalan Kembang Jepun Nomor 37, Bongkaran, Pabean Cantian, Kota Surabaya. 

Selain di Kembang Jepun, depot Ahong juga membuka cabang di Jalan Raya Mulyosari Nomor 77, Kalisari, Kota Surabaya. 

Untuk depot di Kembang Jepun, jam bukanya mulai dari pukul 18.00 hingga 00.00 WIB. Sedang, depot di Jalan Mulyosari buka mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB dan malam pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. 

Baca juga: 5 Tempat Makan Bakso di Surabaya, Cocok untuk Musim Hujan

2. Bakwan Pak Di

Bakwan Pak Di menjual bakso khas Surabaya lengkat dengan tahu, siomai basah, dan juga gorengannya. 

Lokasi tepat Bakwan Pak Di ini ada di Jalan Kembang Jepun Nomor 180, Pabean Cantian.

Konon, ini merupakan salah satu gerai bakwan khas Surabaya enak yang berada di kawasan Kembang Jepun. 

Harga bakwannya berkisar antara Rp 3.000 sampai Rp 30.000 untuk menu komplet. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. 

Baca juga: 4 Cara Simpan Gulai Kambing agar Tidak Mudah Basi

3. Sate Gule Kambing Kembang Jepun 

Sesuai dengan namanya, kedai ini menjual beragam olahan kambing mulai dari satai hingga gulai. Lokasi tepatnya di Jalan Samudra No 64, Bongkaran, Pabean Cantian, dekat dengan Ahong Chinese Food. 

Dengan membayar lebih kurang Rp 30.000 kamu sudah bisa menikmati enam tusuk satai kambing, nasi putih, dan es teh manis. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. 

4. Toko Pia Kemenangan 

Ilustrasi kue bulan aneka warnaShutterstock/Makistock Ilustrasi kue bulan aneka warna

Untuk camilan, kamu dapat membeli pia khas keluarga Tionghoa di toko Pia Kemenangan yang berada di sepanjang jalan Kembang Jepun. 

Toko ini menjual beragam pia khas masyarakat Tionghoa dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 150.000, tergantung dari varian pia yang dipilih.  

Baca juga: Cara Simpan Kue Bulan agar Awet sampai 3 Minggu

Di sini kamu juga dapat memilih beraneka kemasan jika pia ingin digunakan sebagai bingkisan. Namun tentu kamu harus merogoh kocek lebih untuk pengemasannya. 

Untuk jam bukanya, toko Pia Kemenangan ini buka mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB. 

5. Nasi campur Kapasan Dalam 

Kawasan Kapasan Dalam kini juga dikenal sebagai china town yang memiliki banyak spot kuliner lezat. Salah satunya ialah kedai Nasi Campur Kapasan Dalam. 

Kedai ini buka mulai pukul 06.00 hingga 13.00 WIB, sebaiknya jangan datang terlalu siang agar tak kehabisan. Alamat lengkapnya berada di Jalan Kapasan Dalam Gang IV Nomor 18. 

Untuk harganya sendiri, antara Rp 8.000 sampai 25.000, tergantung lauk yang dpilih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X