Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Merek Keju Cheddar Baru dari New Zealand yang Menang Penghargaan

Kompas.com - 03/02/2021, 21:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Fonterra Brands Indonesia meluncurkan keju merek Mainland asal Selandia Baru (New Zealand).

Keju Maindland di Indonesia hadir dalam tiga varian yaitu Mild, Tasty, dan Vintage.

Varian Tasty dan Vintage juga tercatat sebagai penerima penghargaan dari New Zealand Champions of Cheese Awards.

"Fonterra Brands Indonesia selalu berupaya menghadirkan produk susu berkualitas tinggi dan ini dibuktikan dengan keahlian kami di industri susu selama ini," kata Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Shekhar Rapaka sesuai siaran pers yang Kompas.com terima, Jumat (29/2/2021). 

Baca juga: Resep Brulee Bomb, Kroket Keju Tanpa Kentang

Rapaka menyebutkan Mainland dibuat dari bahan baku premium dan ketekunan dan keahlian yang diturunkan para pembuat keju dari generasi ke generasi.

Proses pembuatan keju menjunjung nilai dan tradisi 'Good Things Take Time'. Oleh karena itu proses pembuatan keju ini berusia tiga sampai 24 bulan.

Rapaka juga mengklaim, produk susu Fonterra dibuat dari hasil susu sapi perah ternak padang rumput Selandia Baru yang memiliki jejak karbon rendah.

Keju Mainland disebutkan memiliki kandungan Omega 3 & 6 lebih tinggi, CLA (Conjugated Linoleic Acid), Beta-carotene (Vitamin A), Vitamin D, E, K & K2 yang lebih tinggi dibandingkan keju yang terbuat dari susu sapi yang makan biji-bijian.

Baca juga: Bedanya Susu Kambing dan Susu Sapi, Mana Lebih Unggul?

Mencoba tiga varian keju Mainland

Kompas.com berkesempatan mencoba tiga varian keju dari Mainland yakni Mild, Tasty, dan Vintage. Cara mencicipi keju ini disarankan melalui tampilan, sentuhan, dan rasa.

Mild merupakan keju cheddar berusia tiga sampai enam bulan. Dibanding ketiganya, tekstur keju ini sedikit kenyal, creamy, dan ada aroma kacang.

Keju ini disarankan untuk disantap dengan biskuit serta kacang-kacangan seperti almond atau mede. Varian Mild juga cocok disantap dengan salad atau taco.

Baca juga: Resep Risoles Sosis Keju yang Renyah di Luar dan Lumer di Dalam

Selanjutnya ada varian Tasty yang menang penghargaan. Rasanya gurih dan sedikit pahit dengan aroma keju khas.

Aroma ini sering tercium pada keju berusia lama. Tasty berusia sekitar 18 bulan. Teksturnya agak kering tidak kenyal seperti varian Mild. Keju ini cocok disantap dengan biskuit atau untuk membuat kue.

Keju Mainland. Dok. Fonterra Keju Mainland.

Terakhir ada Vintage, keju cheddar premium berusia 24 bulan. Teksturnya paling kering diantara Tasty dan Mild. Rasa dan aromanya terbilang paling kuat.

Keju satu ini sangat cocok dimakan bersama buah-buahan seperti stroberi, anggur, atau kurma.

Dari ketiga keju tersebut, Kompas.com menyukai rasa Tasty karena aroma dan rasanya yang terasa pas. Apalagi keju ini juga cocok digunakan untuk campuran makanan.

Baca juga: Resep Roti Sobek Cokelat Keju yang Bisa Dijual

Namun demikian, Vintage tak kalah sedap saat disantap dengan buah. Jika dimakan sendiri tanpa buah pendamping rasanya mungkin terlalu kuat dan kering.

Semua varian keju Mainland ini tersedia dalam kemasan 250 gram di supermarket premium dan supermarket di Jawa, Bali, Medan, Palembang dan Lampung.

Harga jualnya kisaran Rp 72.000 hingga 74.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com