Kompas.com - 01/02/2021, 17:06 WIB
Jenis-jenis labu untuk masakan. Dok. Unsplash/Karalina SJenis-jenis labu untuk masakan.

KOMPAS.com - Selain labu siam, masih ada banyak jenis labu yang bisa diolah menjadi masakan lezat. Beberapa masakan yang menggunakan labu adalah sayur lodeh, sop, hingga kue bolu. 

Jenis labu untuk masakan memiliki tampilan warna, rasa, dan tekstur yang berbeda-beda.

Kenali jenis labu  dan karakteristiknya untuk masakan sehat dan lezat di rumah. 

Baca juga: Mengapa Labu Identik dengan Perayaan Halloween?

1. Labu parang

Labu parang merupakan salah satu jenis labu kuning yang biasanya dimasak menjadi isian kolak.

Labu parang emiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran dari jenis labu yang lainnya, labu parang memiliki warna orange yang mencolok. Labu parang juga dikenal sering diukir menjadi Jack o' Lantern saat Halloween. 

Selain dimasak menjadi isian kolak, labu parang juga biasanya dikukus dan dijadikan bubur MPASI karena tekturnya yang lembut.

2. Kabocha/labu jepang

Dilansir dari MasterClass, labu kabocha memiliki bentuk bundar dengan kulit berwarna hijau tua dan daging berwarna orange.

Baca juga: Resep Sayur Lodeh Jawa, Ide Masakan Berkuah Santan

Daging labu kabocha memiliki tekstur yang keras. Labu kabocha di Jepang dimasak dengan balutan tepung yang digoreng menjadi tempura.

Kalau di Indonesia, kobucha sering kali digunakan sebagai pewarna adonan kulit klepon karena bisa memberikan warna orange yang mencolok.

3. Labu siam

Dilansir dari Fine Cooking, labu siam memiliki rasa mirip dengan mentimun.

Tingkat kerenyahan daging labu siam juga sama keras dan renyahnya dengan mentimun. Kulit dari labu siam adalah hijau dengan warna daging putih.

Labu siam di Amerika biasanya diolah dengan bubuk cabai dan rempah-rempah. Sementara di Indonesia, labu siam biasanya diolah dengan kuah santan yang gurih atau jadi lalapan rebus. 

Baca juga: Resep Sup Labu Kuning, Bisa untuk Vegetarian

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X