Kompas.com - 25/01/2021, 22:02 WIB
Bebek Sinjay lengkap dengan sambel pencit. Saluh satu kuliner dari Surabaya yang berasal dari Madura. KOMPAS.com / Gabriella WijayaBebek Sinjay lengkap dengan sambel pencit. Saluh satu kuliner dari Surabaya yang berasal dari Madura.

KOMPAS.com - Sambal tak pernah absen dari meja makan saat orang sedang menyantap bebek goreng. Orang Surabaya sering kali menyantap bebek goreng dengan ditemani sambal pencit.

Baca juga: Cara Memasak Bebek Goreng yang Empuk dan Tidak Amis, Ungkep Dulu

Sambal ini terbuat dari cabai yang ditambah dengan bumbu dapur kemudian dicampurkan bersama parutan pencit atau mangga muda.

Ada beberapa tips untuk membuat sambal ini, pertama jika kamu ingin sambal memiliki rasa manis, bisa tambahkan gula pasir sesuai selera.

Kamu yang penggemar terasi boleh tambahkan sedikit terasi saat sambal diulek. Selain bebek goreng, sambal ini biasa disantap dengan sajian lain seperti ikan goreng dan ayam goreng.

Baca juga: Resep Bebek Goreng Surabaya, Hasilnya Garing dan Empuk

Resep sambal pencit ada pada buku “101 Resep Sambal Mak Nyuuss” (2010) karya Sigma, diterbitkan oleh penerbit G-media. Berikut resepnya:

Resep sambal pencit

Bahan :

  • 1 buah pencit atau mangga muda kecil (serut kasar)
  • 3 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang puth
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

Baca juga: Resep Ayam Bakar Santan, Pakai Sambal Belimbing

1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam.

2. Tambahkan mangga muda, aduk rata.

Baca juga: Resep Ayam Kecap Sunda, Bumbunya Meresap Sempurna

Buku “101 Resep Sambal Mak Nyuuss” (2010) karya Sigma, diterbitkan oleh penerbit G-media dapat dibeli di toko buku online Gramedia.com



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X