Apa Itu Cia Po? Herbal China untuk Masak Sup Pulihkan Kesehatan

Kompas.com - 19/01/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi tim ayam obat atau cia po. Dok. Shutterstock/KondorukIlustrasi tim ayam obat atau cia po.

KOMPAS.com - Orang Tionghoa mengenal budaya makan sup ayam cia po atau disebut juga tim ayam obat untuk memulihkan kesehatan.

Biasanya cia po dikonsumsi orang sakit, pasca sakit, atau orang habis melahirkan. Apa itu sebenarnya cia po?

" Cia po itu Bahasa Hokkian. Bahasa Mandarinnya chi fu. Chi berarti makan, fu itu kuat," sebut Orin, putri pemilik toko obat Ban Seng di kawasan Glodok, Jakarta Barat, dalam artikel Kompas.com yang tayang Minggu (10/2/2020).

"Jadi, kurang lebih artinya cia po ‘makanan yang menguatkan’,” jelas Orin.

Baca juga: Resep Sup Ikan Batam, Kuah Bening Pulihkan Kesehatan

Salah satu jenis cia po yang paling umum sekaligus paling mudah ditemui adalah tim ayam obat.

Biasanya, toko obat china meramu berbagai jenis herbal kering dalam satu paket. Paket ini tinggal direbus bersama ayam kampung untuk membuat tim ayam obat.

Tim ayam obat ibaratnya pukul rata, bisa buat hampir semua orang. Ini untuk mengembalikan kebugaran saja. Bisa untuk ibu habis melahirkan juga,” tambah Orin.

Hal ini dibenarkan oleh Wahyu, seorang sinse (tabib) di sebuah toko obat china.

Baca juga: Resep Sup Jagung ala Restoran Chinese Food untuk Tambah Tenaga

“Kalo buat stamina biasa, tim ayam obat. Itu boleh. Maksudnya, dia tidak untuk menyembuhkan penyakit tertentu," tuturnya.

Cia po racikan khusus

Herbal China, terdiri dari akar-akaran dan buah kering untuk cia po. Dok. Shutterstock/54613 Herbal China, terdiri dari akar-akaran dan buah kering untuk cia po.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X