Belalang Goreng Sambal Kemangi, Kuliner Mojokerto yang Punya Banyak Penggemar

Kompas.com - 17/01/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi belalang goreng. Dok. Shutterstock/Faiz DilaIlustrasi belalang goreng.

KOMPAS.com - Belalang bukan bahan makanan umum di banyak daerah Indonesia. Namun, jika diolah dengan benar, belalang bisa menjadi sajian yang bikin nagih.

Belalang goreng sambal kemangi menjadi makanan yang banyak dicari orang saat berkunjung ke Desa Suru, Mojokerto, Jawa Timur.

Fatmawati (35) pemilik warung sambel menyajikan belalang goreng sebagai makanan andalan warung makannya.

Penyajian belalang goreng itu bercampur sambal pedas yang ditambah ekstra daun kemangi dan dipenyet dalam satu wadah cobek.

Baca juga: 7 Kuliner Mojokerto, dari Sambal Wader sampai Onde-onde

Makanan bernama Belalang Sambal ini banyak dipesan oleh penikmat kuliner yang sengaja datang dari Kota atau Kabupaten Mojokerto maupun luar daerah.

Pelanggan rela menempuh jarak cukup jauh untuk memesan sekaligus mencicipi kelezatan dan gurihnya hidangan daging belalang goreng sambal tersebut.

Awalnya Fatmawati yang akrab disapa Fatma mengolah belalang goreng menjadi sajian makanan ringan untuk dijual ke Kalimantan.

Baca juga: Resep Sambal Bawang Mentah, Bahannya Simpel

"Kemudian ada pelanggan yang pesan sambelan ditambah daun kemangi. Saya coba, dan ternyata banyak yang suka," ungkap Fatma kepada Suryamalang.com, Minggu (20/12/2020).

Ilustrasi belalang goreng sambal kemangi dari Mojokerto, Jawa Timur. Dok. Suryamalang.com/ M Romadoni Ilustrasi belalang goreng sambal kemangi dari Mojokerto, Jawa Timur.

Fatma menggeluti usaha mengolah makanan berbahan baku belalang selama empat tahun.

Berkat keuletan dan ketekunan ibu tiga anak ini banyak penikmat kuliner yang memesan makanan belalang sambelan dari pengunjung lokal hingga berbagai daerah mulai Surabaya, Lamongan, Gresik, Jombang, dan Malang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X