Kompas.com - 27/12/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi Coquilles Saint Jacques, scallop atau kerang kampak jadi sajian Natal khas Perancis. SHUTTERSTOCK/NCPHOTOGRAPHEIlustrasi Coquilles Saint Jacques, scallop atau kerang kampak jadi sajian Natal khas Perancis.


KOMPAS.com
- Audrey menghidangkan scallop pada tantangan Signature Dish di galeri MasterChef Indonesia season 7 episode Minggu (27/12/2020).

Scallop atau kerang kampak (kerang simping) menjadi bahan makanan yang sering diolah peserta MasterChef Indonesia season 7.

Baca juga: Scallop Audrey MasterChef Indonesia Overcooked, Ini Cara Masak Scallop agar Tidak Keras

"Scallop lagi scallop lagi. Tadi mau masak scallop, ini scallop," komentar Chef Arnold saat melihat Jerry menyiapkan bahan makanan.

Selain Audrey, peserta lain juga pernah membuat scallop misalnya Jerry. Ia membuat Scallop Saus Padang pada ronde pertama episode Sabtu (26/12/2020).

Namun, sebenarnya seberapa mudah memasak scallop?

Iilustrasi scallop atau kerang kampak atau simping. Dok. Shutterstock/UliAb Iilustrasi scallop atau kerang kampak atau simping.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masak scallop sebentar saja

 

Menurut Head Chef Restoran Billy Ho Bali Benny Ksatria yang dilansir dari Kompas.com, (19/10/2020), cara memasak scallop tidak perlu waktu lama karena teksturnya seperti udang.

Baca juga: Cara Masak Scallop atau Kerang Kampak, dari Bersihkan sampai Teknik Masak

Dua sampai tiga menit, durasi menumis scallop yang disarankan oleh Benny. Pasalnya, daging scallop akan menjadi keras dan tidak mengeluarkan sari kalau dimasak terlalu lama.

Sementara menurut Great British Chefs, panaskan dulu wajan dengan api tinggi sebelum memasak scallop.

Jangan geser-geser scallop ketika proses memasak, karena dapat membuatnya susah matang. Tiap sisi dimasak 1-2 menit, baru balik dan tumis sampai kedua sisi berwarna kecoklatan.

Sebaiknya, segera hidangkan scallop setelah matang. Kerang ini lebih nikmat disantap selagi hangat.

Ilustrasi scallop tumis sayuranLia Koltyrina / shutterstock Ilustrasi scallop tumis sayuran

Cara bersihkan daging scallop

Sebelum memasak scallop, bersihkan dulu dengan tepat. Bagian yang diambil hanya daging putihnya. Jadi bagian yang berwarna jingga dan hitam bisa dibuang.

Cuci daging scallop dengan air mengalir atau rendam di dalam air es. Namun, jangan rendam scallop terlalu lama karena sarinya bisa keluar terlalu banyak dan kurang nikmat saat dimasak.

Cukup rendam scallop 2-3 menit sebelum dimasak. Cara ini juga berguna untuk menghilangkan bau amis scallop.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.