Kompas.com - 25/12/2020, 20:12 WIB
Fasilitas restoran yang ada di Heha Sky View, Gunung Kidul, Yogyakarta. Heha Sky ViewFasilitas restoran yang ada di Heha Sky View, Gunung Kidul, Yogyakarta.

KOMPAS.com - Berburu kuliner di Yogyakarta tak ada habisnya. Serunya lagi di Kota Pelajar ini banyak tempat makan yang tak hanya menawarkan makanan, melainkan juga pemandangan indah.

Pengunjung dibawa menikmati pemandangan alam yang sejuk sembari menyantap sajian lezat.

Pemandangannya bermacam-macam, ada sawah, sungai, pantai, pegunungan hingga Candi Prambanan. Berikut 8 rumah makan di Yogyakarta dengan pemandangan yang indah:

Baca juga: 10 Tempat Makan dengan Pemandangan Cantik di Bogor, Ada The Lake House dan Cimory Riverside

1. Marisini Coffee

Marisini Coffee, dengan konsep cafe pinggir sawah, cafe satu ini memang jauh dari pusat kota Jogja. Berjarak kurang lebih 10 Km dari Malioboro, cafe ini menawarkan suasana desa yang asri namun dengan sentuhan modern. KOMPAS.com / Gabriella Wijaya Marisini Coffee, dengan konsep cafe pinggir sawah, cafe satu ini memang jauh dari pusat kota Jogja. Berjarak kurang lebih 10 Km dari Malioboro, cafe ini menawarkan suasana desa yang asri namun dengan sentuhan modern.

Dengan konsep kafe pinggir sawah, lokasi Marisini Coffee cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Jaraknya lebih kurang 10 kilometer dari Malioboro.

Baca juga: 6 Kafe Instagramable Dekat Tempat Wisata Yogyakarta, Tamansari Cafe sampai 0 Km Coffee

Marisini Coffee berkonsep modern yang menawarkan suasana desa nan asri. Pemandangan sawah yang asri membentang di area belakang kafe. Terdapat bangunan semi Joglo dengan nuansa putih, menambah unik kafe ini.

Jika ingin berkunjung ke Marisini Coffee, dianjurkan untuk datang saat golden hour atau jam-jam saat matahari terbenam.

Marisini Coffee menyediakan tempat duduk di dalam ruangan, di teras, bahkan di samping sawah jika ingin lebih merasakan suasana alamnya.

Kafe ini berada di Jalan Sidomukti, Tiyasan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Kafe pinggir sawah ini menyediakan hidangan minuman dan makanan yang ringan hingga berat. Di antaranya adalah Kopi Susu Papa Marisini, Ice Coffee Nutella, Roti Kukus Sarikaya, dan Nasi Kebuli Merah.

Harga makanan dan minuman di Marisini Coffee mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 33.000.

2. Kopilimo

Kopilimo Cafe di Bukit Bintang Yogyakarta. DOK. FACEBOOK KOPILIMO Kopilimo Cafe di Bukit Bintang Yogyakarta.

Kalau restoran satu ini berada di kawasan yang terkenal dengan pemandangan kota Yogyakarta yang menawan. Kopilimo berada di Bukit Bintang Gunung Kidul Yogyakarta.

Baca juga: Restoran di Bukit Bintang Yogyakarta Mulai Buka, Ini 3 Restoran yang Terkenal

Di sana pengunjung bisa menikmati racikan kopi arabika maupun robusta yang dicampur dengan rempah seperti Jahe sehingga bisa menghangatkan tubuh.

Kopi andalan dari restoran ini adalah kopi rempah. Secangkir kopi rempah dibandrol dengan harga Rp 15.000 plus dengan keripik singkong yang berasal dari Gunungkidul.

Uniknya lagi, kopi yang disajikan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Bali, dan Temanggung, Jawa Tengah.

Pemandangan kota Yogyakarta saat malam hari terlihat seperti bintang jika dipandang dari kafe ini.

Gemerlap lampu kota Yogyakarta sangat cantik. Jika kamu datang saat terang, pemandangannya juga tak kalah apik.

3. The Manglung

Restoran The Manglung, Yogyakarta. Dok. Facebook The Manglung Restoran The Manglung, Yogyakarta.

Masih di kawasan Bukit Bintang, restoran yang menawarkan pemandangan romantis lainnya adalah The Manglung.

Restoran ini menawarkan banyak spot untuk foto yang disediakan untuk memanjakan pengunjung. Berbagai makanan dan minuman bisa dipesan dengan harga Rp 15.000-Rp 60.000.

Makanan yang ditawarkan ada nasi goreng, sop, soto betawi, brongkos, dan rawon. Selain itu, juga ada ayam goreng bacem khas pedesaan.

Selama masa pandemi The Manglung hanya buka pukul 15.00 WIB-22.00 WIB.

4. Spot Riyadi

Seorang pengunjung berfoto malam di Spot Riyadi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang pengunjung berfoto malam di Spot Riyadi.

Kalau kamu mencari restoran yang menawarkn pemandangan ikon Yogyakarta seperti Gunung Merapi dan Candi Prambanan, di sini tempatnya.

Kamu dapat melihat megahnya Candi Prambanan dari tempat ini. Kalau kamu datang saat cuaca cerah, kamu akan melihat pemandangan Gunung Merapi yang berada di sisi utara Spot Riyadi.

Baca juga: 5 Donat Kekinian di Yogyakarta, Jual Donat Kentang sampai Premium Artisan

Selain menawarkan pemandangannya yang cantik. Di sini kamu bisa memesan mi ayam dengan toping daging ayam yang cukup tebal. Lalu juga aneka masakan sayur dan ikan.

Spot Riyadi berlokasi di Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Waktu bukanya adalah setiap hari pukul 06.00–21.00 WIB.

5. Watoe Gajah

Kalau tempat makan satu ini menyuguhkan sajian tradisional khas Yogyakarta dengan pemandangan pedesaan yang kental.

Pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan dan bisa bermain air di aliran sungai kecil di area rumah makan. Kalau tidak panas kamu juga bisa menikmati makanan dengan lesehan di area outdoor.

Hidangan yang ditawarkan mulai dari Nasi Peggel khas Kebumen, sop ayam, ayam goreng, dan aneka jajanan tradisional lainnya.

Watoe Gajah berada di Jalan Plumbon Raya, Sleman. Rumah makan ini melayani pengunjung dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.