Resep Kembang Goyang, Camilan Goreng Renyah Khas Betawi

Kompas.com - 23/12/2020, 11:09 WIB
Ilustrasi kembang goyang. Dok. Shutterstock/Aris SetyaIlustrasi kembang goyang.

KOMPAS.com - Kembang goyang kerap hadir dalam acara pesta perayaan orang Betawi. Seperti namanya, camilan ini berbentuk bunga.

Ada sematan kata "goyang", mengacu pada proses pembuatannya.

Sebab, ketika digoreng cetakan kembang goyang yang berisi adonan harus digoyang-goyangkan di minyak panas. Hal ini bertujuan agar adonan terlepas dari cetakan.

Baca juga: Resep Kue Pancong Lumer, Camilan Tradisional buat Teman Kerja

Cara membuat kembang goyang ini tergolong mudah, tetapi kamu butuh bantuan cetakan kembang goyang yang terbuat dari besi atau alumunium.

Cetakan ini dapat dibeli di pasar tradisional atau e-commerce. Selengkapnya resep kembang goyang khas Betawi dari Sajian Sedap.

Resep kembang goyang

Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram gula pasir halus
  • 1 butir telur
  • 1 buah kuning telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sendok makan wijen putih
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Cara membuat kembang goyang:

1. Campur tepung beras, gula pasir, telur, dan garam. Tuang santan. Aduk sampai larut. Masukkan wijen putih dan hitam. Aduk rata.

2. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.

Baca juga: Resep Kue Telur Gabus Manis, Camilan Klasik yang Renyah

3. Celup cetakan ke adonan. Masukkan dalam minyak. Biarkan dua sampai tiga detik lalu goyang-goyangkan sampai kue terlepas.

4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering. Dinginkan. Jika sudah dingin, masukkan ke stoples kedap udara. 

Baca juga: Resep Kue Lumpur Tanpa Kentang dan Tanpa Santan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X