Kompas.com - 22/12/2020, 21:18 WIB
Ilustrasi ubi ungu. Ubi ungu adalah ubi jalar yang mengandung beta karoten yang memiliki manfaat sebagai antioksidan. FREEPIK/JCOMPIlustrasi ubi ungu. Ubi ungu adalah ubi jalar yang mengandung beta karoten yang memiliki manfaat sebagai antioksidan.

KOMPAS.com - Talas dan ubi adalah tumbuhan yang termasuk dalam jenis umbi-umbian. 

Keduanya juga menjadi bahan pewarna makanan ungu atau lilac yang sekarang sedang menjadi tren. 

Secara bentuk bila dilihat sepintas memang tampak mirip, tetapi talas dan ubi punya perbedaanyang jelas.

Dikutip dari TheApachePowWowtalas berasal dari Asia Tenggara dan India.

Meski demikian, ada beberapa jenis talas yang tumbuh dengan baik di Jepang. Rasa talas berasal dari akar tanaman talas, yang membuatnya menjadi umbi seperti kentang.

Talas digunakan sebagai bahan makanan dalam banyak budaya dan negara termasuk Hawaii, Afrika, Cina, dan Karibia.

Baca juga: 5 Kuliner Korea Terbuat dari Ubi Manis, Ada Goguma Ppang dan Goguma Latte

Sementara ubi adalah tanaman umbi lain seperti kentang, tetapi lebih dikenal sebagai ubi ungu. Ubi banyak digunakan dalam masakan Filipina bahkan seperti menjadi bagian dari budaya makan di sana. 

Ubi juga ditanam di Okinawa, Jepang di mana ia dikenal dengan nama beniimo.

1. Warna

Talas

Talas memiliki rona ungu-abu-abu muda yang hampir putih saat pertama kali dipanen dari akarnya.

Setelah diolah, warnanya menjadi sedikit lebih ungu, tetapi pada biasanya akan menjadi warna ungu muda. Warna ungu muda ini cocok untuk hidangan penutup seperti es krim atau slushies, yang memberikan kesan ringan.

Ubi

Warna ungu pada ubi lebih gelap dan lebih monoton, hal inilah yang menjadi identitasnya. Warnanya tak berubah setelah diolah dan dibuat menjadi bentuk makanan penutup.

Karena itu, makan apa pun yang diberi rasa ubi bisa lebih menarik karena warna ungunya begitu cerah. Namun, warnanya mungkin terlihat sedikit tidak alami. 

Baca juga: 4 Bahan Pewarna Kuning Alami untuk Makanan, Safron hingga Lemon

2. Rasa

Talas

Talas memiliki rasa yang agak pedas dan sedikit manis. Hal yang membuat talas berbeda dari ubi jalar lainnya adalah kebanyakan varietas talas manis dan memiliki sedikit rasa vanila.

Rasa talas tidak berlebihan sepertu terlalu manis sehingga membuatnya bisa diolah untuk menjadi berbagai jenis makanan.

Ubi

Berbeda dengan talas, ubi jauh lebih manis dan memiliki rasa vanilla yang lebih kuat. Ubi dianggap memiliki rasa seperti kacang dan manis vanila.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X