Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Pasta Jerman Pakai Talenan, Tantangan MasterChef Indonesia

Kompas.com - 20/12/2020, 17:06 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Chef Degan mencontohkan cara membuat pasta khas Jerman, spaetzle, di galeri MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (19/12/2020).

Spaetzle tidak menggunakan cairan sama sekali dalam adonannya. Berbeda dengan pasta dari Italia yang masih menggunakan campuran air.

Bahan pasta tradisional dari Jerman ini hanya tepung terigu yang mengandung gluten tinggi yang disebut juga bread flour atau hard flour dan telur. Tarakannya per 50 gram tepung diberi 1 butir telur.

Baca juga: Cara Masak Ikan Fillet ala MasterChef Indonesia, Tips dari Chef Vindex Tengker

Menurut Chef Degan terdapat setidaknya 3 cara membuat spaetzle. Pertama, menggunakan grater jadi seperti membuat cendol. Kedua, pakai cetakan yang bawahnya lubang lalu ditekan sehingga terbentuk bentuk memanjang.

Cara ketiga dan digunakan Chef Degan adalah menggunakan talenan dan pisau. Menurutnya, teknik ini adalah ciri khas spaetzle.

Menurut pengamatan Kompas.com, berikut cara membuat pasta tradisional Jerman ala Chef Degan.

Ilustrasi spaetzle, pasta khas Jerman. SHUTTERSTOCK/MISSES JONES Ilustrasi spaetzle, pasta khas Jerman.

Resep pasta khas Jerman

Bahan

  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung terigu protein tinggi
  • Garam secukupnya
  • Biji pala atau bubuk pala secukupnya

Alat

  • Talenan kayu bersih dan lebar
  • Pisau tajam

Cara membuat pasta khas Jerman

1. Rebus air dalam panci, beri garam cukup banyak. Pastikan rasa air rebusan asin karena adonan pasta tidak menggunakan garam. Tutup panci. Biarkan air mendidih.

2. Sementara itu, campur tepung terigu dengan parutan biji pala sedikit saja. Sekitar 3-4 parutan. Kalau kebanyakan, rasa pala bisa mendominasi sajian.

3. Pada wadah lain, kocok telur. Masukkan telur kocok ke tepung. Aduk secara memutar, tujuannya mengeluarkan gluten. Tekstur adonan lengket dan bisa ditarik-tarik. Diamkan 10-15 menit agar keluar gelembung.

Ilustrasi membuat spaetzle, pasta dari Jerman. SHUTTERSTOCK/MAREN WINTER Ilustrasi membuat spaetzle, pasta dari Jerman.

4. Basahi talenan dan pisau dengan air panas. Ambil adonan pasta, tidak usah sekaligus. Ratakan di atas talenan. Basahi lagi adonan pakai air panas supaya teksturnya lebih lembut.

5. Pegang talenan, ujungnya di atas panci berisi air panas. Potong adonan dengan cepat. Caranya, pegang pisau menghadap ke panci. Pastikan ukurannya tidak terlalu tebal. Lakukan sampai adonan habis.

6. Rebus pasta sampai mengapung. Angkat. Masukkan langsung ke air es.

7. Saring pasta, beri minyak. Ambil secukupnya sesuai takaran pada resep. Sisanya dapat kamu simpan dalam kulkas, bisa tahan 3-4 hari.

Pada episode MasterChef Indonesia tersebut, Chef Degan menyandingkan spaetzle dengan saus bawang bombai, bawang bombai goreng, dan steak daging sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com