Kompas.com - 10/12/2020, 12:39 WIB
Resep dan cara membuat ceker ayam pedas PixabayResep dan cara membuat ceker ayam pedas

KOMPAS.com - Menu makanan yang satu ini sangat digemari oleh sebagian orang. Ceker ayam terasa sangat lezat bila dinikmati hingga daging terakhirnya.

Ceker ayam pun kini dikreasikan menjadi berbagai macam jenis makanan. Mulai dari yang manis, pedas, hingga berkuah.

Dikutip dari buku “Hidangan Lezat Hasil Olah Ceker” karya Nindya Widoyo, terbitan PT Gramedia Puskaka Utama, berikut kompilasi makanan yang dibuat dari ceker ayam :

Baca juga: Tips Masak Ceker Ayam Empuk, Perhatikan Waktunya

1. Ceker barbeque

Barbeque yang satu ini bukan menggunakan daging melainkan ceker ayam. Yang perlu kamu siapkan adalah 12 pasang ceker ayam, 1 sendok makan minyak sayur dan mentega, juga 50 ml air.

Nantinya, ceker barbeque bakal berwarna coklat hasil dari campuran kecap manis, madu, saus tiram, kecap inggris, hingga soy sauce.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ilustrasi cekerShutterstock ilustrasi ceker

2. Ceker bumbu merah

Meski namanya bumbu merah, namun sajian yang satu ini tak terlalu pedas. Bahan utamanya adalah 10 pasang ceker ayam, saus tomat, sambal botol, merica bubuk.

Lalu ada pula bumbu seperti ngohiong (bumbu kering), bawang putih, cabai merah, dan pala bubuk. Warna merahnya hakal berasal dari saus tomat dan sambal botol.

3. Ceker stroberi

Menu yang satu ini cukup unik karena memadukan ceker ayam dengan buah stroberi. Tetapi rasanya dijamin lezat.

Bahan utamanya tentu saja 8 ceker ayam dan 16 buah stroberi. Pelengkapnya ada bawang putih, bawang merah, bawang bombai, jahe, saus tomat, dan sambal botol.

Sebagian stroberi bakal diblender dan dicampurkan dengan ceker saat proses masak, lalu 4 buah stroberi lainnya untuk menjadi hiasan di atasnya.

4. Kwetiau ceker kuah pedas

Nah, menu yang satu ini bisa untuk kamu dan keluarga yang merupakan pencinta pedas. Sesuai namanya, kuah kwetiau ceker ini bakal membuat kamu menikmati rasa lezat dan pedas bersamaan.

Bahannya, kamu membutuhkan kwetiau, ceker ayam, cumi-cumi, udang, telur juga sayuran hijau.

Untuk bumbunya, ada bawang merah, cabai keriting, cabai rawit merah, kecap asin, kecap ikan, hingga merica bubuk.

Siap-siap kamu bakal mendapatkan sensasi pedas. Sajian ini pun cocok kamu buat di saat musim hujan seperti ini.

Ilustrasi ceker setan pedasShutterstock/Aris Setya Ilustrasi ceker setan pedas

5. Nasi kari ayam

Nasi kari yang satu ini tak hanya menggunakan daging, namun juga ceker ayam. Untuk membuat nasi karinya, kamu membutuhkan kaldu ayam, beras, mentega, kari bubuk, kunyit bubuk, hingga kepulaga.

Sedangkan untuk kari cekernya, kamu membutuhkan ceker ayam, mentega, bawang bombai, bawang putih, serai, kari instan, jahe, jintan bubuk, hingga air asam jawa.

Kamu bisa menyajikan keduanya di piring berbeda, namun menikmatinya secara bersamaan.

Baca juga: Beda Cara Masak Ceker Ayam Kampung dengan Ayam Ras

6. Gulai ceker pedas

Satu lagi sajian masakan pedas dari ceker ayam. Kamu bisa membuat gulai ceker pedas.

Bahan-bahannya seperti ceker, daun singkong, santan, serai, daun salam, gula, garam, merica.

Lalu bumbu pelengkapnya yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah, kunyit, lengkuas, jahe, ketumbar, adas manis, jintan, dan air asam.

Cara permbuatannya pun cukup mudah, dengan menumis semua bumbu halus, lalu masukkan ceker, aduk rata. Kemudian tuang santan, masukkan irisan daun singkong, gula, garam, merica, dan daun singkong.

Baca juga: Cara Masak Ceker Ayam Pedas Manis, Tambah Nanas Makin Sedap

7. Ceker masak kecap

Masakan yang satu ini bisa kamu buat saat tak ingin memasak masakan yang ribet. Selain ceker, bahan lainnya mudah kamu temui di dapur.

Bahan-bahannya yakni ceker, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, daun bawang, kecap manis, gula, dan garam.

Cara memasaknya pun anti ribet. Langkah pertama, kamu tumis bawang putih, bawang merah, dan kemiri, lalu masukkan daun bawang.

Kemudian kamu tinggal masukkan air, semua bumbu, dan tentu saja ceker ayam. Masak hingga bumbu meresap dan kamu siap untuk sajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X