Kompas.com - 08/12/2020, 11:28 WIB
Ilustrasi kuliner Korea : bakso ikan atau fish cake (odeng). SHUTTERSTOCK/DANIEL FUNGIlustrasi kuliner Korea : bakso ikan atau fish cake (odeng).

KOMPAS.com - Drama Start-Up sudah tamat dan meninggalkan kesan dan kenangan untuk para penggemarnya, terutama #TimNamDo-San dan #TimHanJi-Pyeong.

Menariknya drama ini bukan hanya pada kisah cinta para pemainnya, melainkan juga makanan yang selalu bikin 'ngiler' penontonnya.

Tiga pemeran utama drama ini adalah Seo Dal-mi (Bae Suzy), Nam Do-san (Nam Joo-hyuk), dan Han Ji-pyeong (Kim Sun-ho).

Kamu yang mau nostalgia dengan episode Start-Up bisa mengingat kembali 11 makanan yang ada pada drama Start-Up.

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

1. Odeng

Odeng adalah street food yang sering muncul dalam adegan drama Korea termasuk Start-Up.

Pada episode 13 menceritakan bahwa Trio Samsan Tech yaitu Do-san, Chul-san, dan Yong-san sehabis pulang dari Amerika menyempatkan diri mampir ke kedai odeng di pinggir jalan.

Dalam adegan ini terlihat Trio Samsan Tech ini sangat lahap menyantap odeng. Terlihat di samping odeng ada street food Korea yang juga terkenal yaitu tteokbokki.

Odeng adalah fishcake dalam bahasa Inggris. Sajian ini biasanya dijual di kedai pinggir jalan bersama dengan street food khas Korea lain seperti tteokbokki dan kimbap.

Bentuk odeng tipis dan pipih, lalu ditusuk bambu panjang. Kemudian adonan itu dibentuk seperti gelombang dan disajikan dengan kuah bening yang segar.

Baca juga: Apa itu Odeng pada Drama Korea Start-Up? Street Food yang Disantap Nam Do-san

Corn Dog, makanan ringan yang dalam beberapa waktu terakhir kian populer setelah muncul dalam film drama Korea Start Up.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Corn Dog, makanan ringan yang dalam beberapa waktu terakhir kian populer setelah muncul dalam film drama Korea Start Up.

2. Corn dog

Kalau kamu #TimHanJi-Pyeong pasti tau kalau jajanan ini adalah kesukan dari Han Ji-pyeong.

Diceritakan saat Seo Dal-mi dan Won In-jae masih remaja, nenek mereka yang bernama Choi Won-deok menjual corn dog dengan food truck untuk anak-anak sekolah.

Tokoh Han Ji-pyeong yang sudah mengenal nenek Won-deok sejak remaja pun juga gemar menyantap corn dog ini sampai ia beranjak dewasa.

Corn dog sendiri adalah street food Korea Selatan yang sangat populer.

Kamu yang penasaran dengan rasa jajanan ini bisa membuat sendiri dengan bahan sederhana seperti sosis, tepung, air, kemudian sosis digoreng dengan adonannya.

Baca juga: Resep Corn Dog ala Drama Korea Start-Up, Jajanan Kesukaan Han Ji-pyeong

Ilustrasi bibim guksu, mie dingin khas Korea Selatan. UNSPLASH/DIONYSIUS SAMUEL Ilustrasi bibim guksu, mie dingin khas Korea Selatan.

3. Bibim guksu

Bibim guksu atau mi dingin khas Korea muncul pada drama Korea Start-Up episode 10. Ji-pyeong dan Dal-mi sedang makan siang di tempat makan bibim guksu.

Saat hendak menyantap bibim guksu, Ji-pyeong mengutarakan perasaannya kepada Dal-mi bahwa ia menyukainya.

Selain adegannya yang ikonik, sajian bibim guksu juga terlihat nikmat. Bibim Guksu adalah sajian mi soba dari Korea dengan rasa pedas, gurih dan sedikit manis.

Mi disajikan dingin dengan toping aneka sayuran di atasnya. Sajian ini sering disantap saat musim panas di Korea.

Baca juga: Resep Bibim Guksu ala Drama Korea Start-Up, Mi Dingin yang Disantap Ji-pyeong Saat Menembak Dal-mi

Ilustrasi caramel latte. Dok. Keurig.com Ilustrasi caramel latte.

4. Vanilla latte

Kalau kamu mengikuti kisah cinta pasangan Chul-San dan Jung Sa-Ha dalam drama Start-Up, pasti tau minuman apa yang mereka gemari. Vanilla latte adalah minuman kegemaran Jeong Sa-ha dan Chul-san dalam drama Korea Start-Up

Terlihat ketika pada episode 14, saat Chul-san pura-pura tak sengaja bertemu dengan Jeong Sa-ha dan berakhir dengan mengobrol di kafe. Keduanya kompak memesan vanilla latte.

Selain itu pada satu adegan di episode 12 Jeong Sa-ha sengaja memanfaatkan promo Buy One Get One di kafe untuk membeli vanilla latte.

Vanilla latte bisa kamu buat di rumah dengan menggunakan kopi instan, susu, air hangat dan whipped cream.

Baca juga: Resep Vanilla Latte ala Drama Korea Start-Up, Minuman Kesukaan Couple Jeong Sa-ha dan Chul-san

5.Songpyeon

Kalau sajian satu ini merupakan kudapan tradisional khas Korea. Songpyeon terbuat dari tepung beras dengan berbagai jenis isian seperti sirup kacang merah, kacang kedelai, dan wijen.

Pada episode 13 seperti yang dipersiapkan Han Ji Pyeong dan Dal Min dengan ibu dan neneknya.

Songpyeon secara tradisional marupakan makanan wajib dalam festival panen musim gugur Korea, Chuseok. Sajian ini berbentuk sabit dan memiliki tekstur yang kenyal serta lembut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X