Kompas.com - 05/12/2020, 17:31 WIB
Ilustrasi scallop tumis sayuran Lia Koltyrina / shutterstockIlustrasi scallop tumis sayuran

KOMPAS.com - Audrey masak Pan Seared Scallop untuk challenge pertama di galeri MasterChef Indonesia episode Sabtu (5/12/2020).

Namun, scallop atau kerang kampak buatan Audrey overcooked atau terlalu lama dimasak.

"Awalnya sangat menggugah selera, colour-nya bagus sekali tapi ternyata overcooked. The scallop is very overcooked. Sudah mati. Kayak karet yang udah mati, sudah tidak melar lagi. Sangat disayangkan," komentar Chef Juna terhadap masakan Audrey.

Apabila kamu hendak membuat masakan dengan bahan scallop. Perhatikan tips dari Head chef Restoran Billy Ho Bali Benny Kesatria dikutip dari Kompas.com, Senin (19/10/2020) berikut.

Baca juga: Cara Masak Scallop atau Kerang Kampak, dari Bersihkan sampai Teknik Masak

1. Tumis scallop sebentar saja

Tekstur daging scallop sama seperti udang, tidak perlu memasaknya terlalu lama. Kamu cukup menumis scallop selama 2-3 menit.

Pasalnya, apabila terlalu lama maka tekstur scallop menjadi keras dan tidak berjus karena sarinya sudah keluar semua.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi scallop Larisa Blinova / shutterstock Ilustrasi scallop

2. Masak kedua sisi scallop secara merata

The Kitchn menambahkan bahwa kedua sisi daging scallop harus dimasak sampai warnanya kecoklatan. Masing-masing sisi masak 2-3 menit. Balik, lalu masak sisi satunya juga 2-3 menit.

Apabila scallop susah dibalik, tunggu beberapa detik lagi. Jangan balik scallop secara paksa. Pastikan teksturnya padat dan sedikit lembut, tetapi tidak keras.

3. Masak scallop paling akhir

Apabila kamu mau menyajikan lebih dari 1 menu untuk makan malam, masak scallop paling akhir.

Siapkan semua bahan terlebih dahulu sehingga scallop bisa dihidangkan dan disantap langsung begitu sudah matang. Rasa scallop paling enak saat masih hangat.

Baca juga: Cara Masak Scallop yang Mudah, Resep Scallop Tumis Sayuran

Iilustrasi scallop atau kerang kampak atau simping. Dok. Shutterstock/UliAb Iilustrasi scallop atau kerang kampak atau simping.

Cara membersihkan scallop

Sebelum memasak scallop, bersihkan dulu dengan benar. Lepaskan scallop dari cangkanya, lakukan perlahan dan jangan sampai ada daging yang tertinggal.

Gunakan daging yang warnanya putih, buang bagian yang berwarna jingga dan hitam.

Jangan biarkan scallop terkena air terlalu lama karena bisa membuat sarinya habis. Cara mencucinya, rendam dulu dalam air es 2-3 menit. Lanjutkan cuci dengan air mengalir sebentar saja.

Langkah tersebut mencegah sari scallop keluar sekaligus menghilangkan bau amis.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X