Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kimchi Bisa Basi? Simak Cara Simpan yang Tepat

Kompas.com - 02/12/2020, 17:05 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kimchi adalah sayur fermentasi khas Korea yang rasanya cenderung pedas dan asam. Semakin lama disimpan rasanya semakin asam.

Terkadang, cukup bingung menentukan apakah kimchi masih bisa dimakan atau sudah basi karena rasa dan bau khas makanan fermentasi.

Menurut Healthline, kimchi bisa tahan sampai 1 minggu tanpa kulkas. Sementara kalau disimpan dalam kulkas, awet 3-6 bulan. Namun, ada syaratnya yaitu cara menyimpan yang tepat supaya awet.

Baca juga: Sejak Kapan Orang Korea Makan Kimchi?

Ilusrtasi kimchi.shutterstock.com/Buppha20 Ilusrtasi kimchi.

Cara simpan kimchi

Selalu simpan kimchi dalam keadaan tertutup rapat. Saat mengambil kimchi, gunakan peralatan yang bersih. Letakkan di meja dapur yang terhindar dari panas langsung maupun lembab.

Apabila disimpan dalam kulkas, atur suhu di bawah 4 derajat celsius. Suhu yang lebih hangat dapat mempercepat pembusukan. Letakkan di laci khusus sayur, kulkas bagian bawah.

Pencinta kimchi dengan tekstur renyah dan rasa lembut, dapat menyantap kimchi dalam kurun waktu 3 bulan. Setelah waktu ini, tekstur kimchi berubah menjadi lebih lembek dan rasanya semakin asam.

Baca juga: 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan, Bisa Jadi Makanan Diet

Ilustrasi orang sedang membuat kimchi. UNSPLASH/MATT SEYMOUR Ilustrasi orang sedang membuat kimchi.

Tanda kimchi basi

Kimchi yang disimpan dengan tepat dapat tahan 3-6 bulan selama tidak muncul jamur.

Biasanya jamur tumbuh pada makanan dengan suhu hangat, tetapi tidak menutup kemungkinan muncul pada makanan yang terlalu lama disimpan dalam kulkas.

Kalau muncul titik hitam, biru, atau hijau yang tidak biasa pada kimchi mungkin saja itu jamur. Jangan dihirup aromanya, karena jamur bisa saja masuk ke dalam tubuh.

Tanda lain kimchi tidak layak makan adalah baunya sangat asam menyengat, bahkan cenderung seperti bau alkohol. Lebih sering periksa kimchi apabila mengandung seafood.

Makan kimchi yang sudah basi bisa membuat mual, diare, dan muntah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com