Sejak Kapan Orang Korea Makan Kimchi?

Kompas.com - 02/12/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi kimchi Shutterstock/naito29Ilustrasi kimchi

KOMPAS.com - Kimchi adalah fermentasi sayuran khas Korea yang sudah ada sejak sekitar 4.000 tahun lalu. Ciri khas kimchi adalah warnanya yang merah karena penggunaan bubuk cabai.

Sampai sekarang, kimchi menjadi sajian yang wajib ada di meja makan orang Korea. Rasanya kalau tidak ada kimchi, makan jadi kurang lengkap.

Baca juga: 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan, Bisa Jadi Makanan Diet

Journal of Ethnic Foods Volume 2, Issue 3, September 2015 dengan judul "Discussion on the origin of kimchi, representative of Korean unique fermented vegetables" karya Dai-Ja Jang, Kyung Rhan Chung, Hye Jeong Yang, Kang-sung Kim, dan Dae Young Kwon menjelaskan sejarah kimchi.

Awal mula kimchi

Konon, kimchi sudah ada sejak zaman Three Kingdoms of Korea. Catatan sejarah menunjukkan bahwa kimchi ditemukan sekitar 4.000 tahun lalu menurut Sigyeong, linguistik Korea.

Sementara itu menurut Samkuksaki atau catatan sejarah Tiga Kerajaan, cabai merah yang digunakan untuk membuat kimchi dibudi dayakan pada zaman Tiga Kerajaan.

Kala itu, orang Korea makan kimchi dengan cara dirobek-robek lebih kurang sama dengan sekarang.

Ilustrasi kuliner Korea : kimchi.SHUTTERSTOCK/TMON Ilustrasi kuliner Korea : kimchi.

Cara orang Korea zaman dulu menyimpan kimchi

Berdasarkan buku Sakajip by Seo yang ditulis pada akhir abad ke-15, menuliskan bahwa orang Korea punya kebiasaan menyimpan kimchi di dalam kendi.

Orang Korea zaman dulu membuat kimchi menggunakan sawi putih (napa cabbage), bubuk cabai dan atau pasta cabai, dan garam.

Kemudian menyimpan kimchi dalam kendi untuk mengawetkannya selama musim dingin. Kendi kimchi ini terbuat dari gerabah.

Sementara itu, kimchi musim semi hanya bertahan 5-10 hari dan kimchi musim panas 3-7 hari, orang Korea dulu menghabiskan banyak waktu untuk membuat kimchi.

Mereka biasanya menggantung kimchi di dalam sumur agar tetap sejuk. Tujuannya membuat masa simpan kimchi lebih panjang selama musim panas.

Berganti musim, berbeda pula cara orang Korea menyimpan kimchi. Pada musim dingin, mereka menyimpan kendi kimchi di dalam tanah. 

Baca juga: Resep Kimchi Sawi Putih dari Chef Profesional

Ilustrasi kimchi, kuliner Korea yang wajib ada di meja makan. PIXABAY/JEONGHO SUH Ilustrasi kimchi, kuliner Korea yang wajib ada di meja makan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X