Resep Telur Rebus Ramen, Tanpa Sake dan Mirin Jadi Bebas Alkohol

Kompas.com - 01/12/2020, 20:26 WIB
Ilustrasi ramen dengan topping jamur enoki, telur, dan pok choy. SHUTTERSTOCK/NATALIA LISOVSKAYAIlustrasi ramen dengan topping jamur enoki, telur, dan pok choy.

KOMPAS.com - Ramen sudah tak asing lagi di mata orang Indonesia. Mi asal China yang kemudian populer di Jepang ini, bisa ditemui di beberapa tempat kuliner.

Ramen berisi mie, telur setengah matang, daun bawang, rumput laut, daging, hingga lobak.

Baca juga: Resep Takoyaki, Kuliner Khas Jepang Bisa buat Sarapan

Biasanya ada telur rebus setengah matang yang disajikan dengan ramen. Telur rebus ini kerap dimasak menggunakan sake atau mirin. Kedua bahan ini merupakan bahan masak yang mengandung alkohol.

Bagi kamu yang ingin menikmati lezatnya telur setengah matang khas ramen namun tanpa sake atau mirin, bisa menggunakan bahan pengganti lain.

Baca juga: 7 Restoran Ramen di Jakarta yang Terkenal, Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

Dikutip dari Food.com,  berikut resep telur ramen tanpa sake atau mirin. 

Resep telur ramen  

Bahan :

  • 6 butir telur suhu ruangan
  • 1 sendok makan cuka masak
  • 2 sendok makan soy sauce atau kecap asin
  • 1 sendok makan gula
  • 1/2 sendok makan minyak wijen

Cara membuat telur ramen:

1. Masukkan telur ke dalam panci. Isi air secukupnya agar telur terendam dan didihkan airnya.

2. Setelah air mendidih, matikan api dan tutup wajan. Biarkan selama delapan hingga sembilan menit. Jika kamu menyukai telur yang kurang matang seperti pada ramen, diamkan selama enam menit hanya untuk kuning telur yang lebih lembut.

3. Masukkan telur ke dalam air dingin dan pecahkan cangkang di sekelilingnya. Rendam dalam air dingin selama lima menit atau lebih (ini membuatnya lebih mudah untuk dikupas). Kemudian kupas kulitnya.

Baca juga: Resep Milk Cheese Mochi Oreo, Mochi Susu ala TikTok

4. Campurkan cuka, kecap, gula, dan minyak wijen dalam wajan kecil dan panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dan biarkan agak dingin.

5. Masukkan telur dalam kantong plastik besar atau wadah plastik dan tuangkan bumbu ke dalamnya dan rendam selama setidaknya 24 jam. Taruh di kulkas.

6. Keluarkan telur dan potong setengah memanjang. Sajikan atau taburi dengan bumbu pilihan seperti sedikit mayo, keju krim yang dilunakkan.

Baca juga: Resep Goguma Latte yang Videonya Viral, Susu Ubi Manis Khas Korea



Sumber food.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X