Cara Kemas Durian agar Tidak Bau di Pesawat, Tips dari Ucok Durian

Kompas.com - 30/11/2020, 13:19 WIB
Ilstrasi durian hasil panen di Desa Talun Kenas, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pada semester I/2020, Sumut ekspor sebanyak 412 ton durian beku senilai Rp 18 miliar ke Malaysia dan China. Jumlah tersebut lebih besar dari sepanjang tahun 2019 yang hanya 392 ton senilai Rp 15 miliar. KOMPAS.COM/DEWANTOROIlstrasi durian hasil panen di Desa Talun Kenas, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pada semester I/2020, Sumut ekspor sebanyak 412 ton durian beku senilai Rp 18 miliar ke Malaysia dan China. Jumlah tersebut lebih besar dari sepanjang tahun 2019 yang hanya 392 ton senilai Rp 15 miliar.

KOMPAS.com - Membawa durian sebagai oleh-oleh rasanya menjadi hal wajib usai berkunjung ke Medan.

Kamu dapat makan durian Medan langsung di tempatnya sampai puas misalnya di Ucok Durian. Setelah itu, jangan lupa bawa beberapa untuk disantap di rumah atau sebagai oleh-oleh buat keluarga.

Baca juga: 13 Tempat Kuliner Malam di Medan, Mulai dari Mi Titi sampai Durian

Kalau mau membawa sendiri durian, harus dikemas dengan benar. Durian boleh saja masuk pesawat asalkan baunya tidak tercium. Pasalnya, tidak semua orang suka bau durian yang menyengat.

Ucok Durian membagikan cara mengemas durian agar baunya tidak tercium di pesawat seperti dilansir dari Kompas.com, (29/8/2016).

Baca juga: Rahasia Durian Ucok Masuk Pesawat Tanpa Bau

Ilustrasi durian.shutterstock.com/Kritsaroot+Udkwae Ilustrasi durian.

Keluarkan daging durian

Tidak perlu mengirim durian secara utuh, kamu harus mengeluarkan daging durian.

Belah kulit durian, ambil dagingnya dan masukkan ke dalam kontainer atau wadah plastik bertutup rapat. Lakban erat kontainer durian tersebut.

Masukkan dalam plastik

Belum sampai di situ, proses mengemas durian masih berlanjut. Siapkan plastik bening. Masukkan kontainer yang sudah dilakban ke dalam plastik.

Setelah itu, lakban lagi kemasan tersebut. Pastikan lakban erat.

Ilustrasi durianshutterstock.com/topnatthapon Ilustrasi durian

Lakban 4 lapis

Kontainer berisi daging durian dilapisi lakban sampai 4 lapis. Pastikan menutupi semua permukaan. Kalau perlu beri lebih dari 4 lapisan untuk memastikan baunya tidak menyebar.

Menurut Zainal Abidin yang lebih dikenal sebagai Ucok, pemilik Ucok Durian, mengatakan bahwa cara mengemas durian merupakan hasil eksperimennya.

Setelah dikemas dengan rapi, pihak maskapai masih mengecek kontainer berisi daging durian. Caranya, diletakkan di dalam ruang ber-AC selama 24 jam untuk mengetahui baunya menyebar atau tidak.

Walaupun sudah dikemas rapat, durian tetap tidak bisa masuk kabin melainkan tetap di bagasi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X