Kompas.com - 29/11/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi goguma latte. UNSPLASH/SINCERELY MEDIAIlustrasi goguma latte.

KOMPAS.com - Goguma latte adalah minuman khas Korea yang terbuat dari susu, ubi manis kukus atau bakar, dan gula atau madu. Belakangan, video resep goguma latte bertebaran di media sosial seperti TikTok.

Minuman yang disebut juga sweet potato latte ini juga populer di Korea Selatan, seperti menjadi menu di kafe lokal maupun waralaba internasional.

Sebelum goguma latte, ada goguma ppang atau sweet potato mochi bread yang video resepnya viral di Indonesia.

Baca juga: Resep Korean Sweet Potato Bread, Roti Ubi Ungu Tekstur Seperti Mochi

Keduanya berasal dari ubi manis, salah satu bahan masakan yang umum diolah di Korea Selatan. Biasanya diolah jadi sup, camilan, makanan penutup, maupun hanya dikukus.

Goguma latte ini tidak mengandung kafein sama sekali. Cocok diminum saat cuaca dingin karena disajikan hangat. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah seperti resep dari The Kitchn berikut.

Resep goguma latte

Bahan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • 150 gram ubi manis
  • 500 ml susu cair panas
  • 1 sdm gula pasir atau madu
  • Kayu manis bubuk untuk taburan (opsional)

Cara membuat goguma latte

1. Cuci bersih ubi manis. Kukus sampai matang sekitar 25-30 menit. Tunggu agak dingin agar mudah dikupas. Kupas dan potong ukuran besar.

2. Masukkan ubi manis ke dalam blender. Tuangkan susu cair dan gula. Haluskan dengan kecepatan maksimal sampai sangat lembut dan berbusa.

3. Tuang goguma latte ke dalam gelas saji, taburi kayu manis bubuk. Minum selagi hangat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Kitchn
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.