Rasa Cokelat dari 3 Daerah Indonesia, Tebak Flavour Notes Seperti Kopi

Kompas.com - 26/11/2020, 16:25 WIB
Single oritigin gift set dari Krakakoa. Dok. KrakakoaSingle oritigin gift set dari Krakakoa.

KOMPAS.com - Semakin banyak produsen cokelat yang menonjolkan rasa cokelat dari berbagai daerah di Indonesia. Merek cokelat Krakakoa adalah salah satunya.

Mereka memiliki seri Single Origin diwakili oleh cokelat dari tiga daerah yakni Jembrana di Bali, Sedayu di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang berlokasi di Sumatera Selatan, dan Saludengen di Sulawesi Barat.

Ketiga cokelat dari tiga daerah ini memiliki rasa yang berbeda, padahal tanpa ada tambahan rasa campuran.

Dari kemasan, Krakakoa menjelaskan proses cokelat dari biji kakao sampai menjadi cokelat siap konsumsi.

Baca juga: Krakakoa, Produk Cokelat Indonesia yang Go International

Tak hanya itu, setiap kemasan juga memberi informasi mengenai fauna khas daerah cokelat yang terancam punah, misalnya Tarsius tersier dari Sulawesi, gajah sumatera, dan jalak bali.

Kemasan Krakakoa juga mengedukasi konsumen mengenai visi dan misi yang mereka lakukan untuk perkebunan kakao berkelanjutan di Indonesia.

Kemasan ini terdiri dari tiga lapis, yang semuanya padat informasi dan grafis tentang Indonesia.

Kemasan cokelat Krakakoa. Kompas.com/Silvita Agmasari Kemasan cokelat Krakakoa.

 

Tak heran pada 2017, kemasan Single Origin Gift Set ini menang pernghargaan kategori kemasan di Academy of Chocolate (AOC) Awards di Inggris pada 2017.

Beralih ke soal rasa cokelat, jika umumnya makan cokelat hanya sebatas camilan, nyatanya saat makan Krakaoa Single Origin ini ada sensasi lebih.

Layaknya menyeruput kopi dari daerah Indonesia, ada karakter rasa pada setiap cokelat.

Baca juga: Bagaimana Perjalanan Cokelat dari Kebun hingga Jadi Makanan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X