Kenapa Orang Amerika Makan Kalkun Saat Thanksgiving?

Kompas.com - 25/11/2020, 22:11 WIB
ILUSTRASI - Kalkun panggang ShutterstockILUSTRASI - Kalkun panggang

KOMPAS.com - Hari pengucapan syukur atau Thanksgiving dirayakan oleh warga Amerika Serikat setiap 26 November. Biasanya, ucapan syukur dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga.

Salah satu hal yang tak dilewatkan dalam kumpul keluarga ini adalah dengan memakan kalkun. Kalkun menjadi kudapan yang wajib dimakan saat thanksgiving.

Dikutip dari CNBC, Ashley Rose Young, sejarawan di Museum Nasional Sejarah Amerika Smithsonian, mengatakan bahwa Thanksgiving dirayakan dengan mengonsumsi makanan yang sama termasuk kalkun.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Thanksgiving, Sudah Ada Sejak Tahun 1600-an

Hal ini juga untuk membedakan perayaan yang dilakukan oleh orang Amerika Serikat dengan negara lain.

Bahkan Bapak Pendiri Amerika Serikat yakni Alexander Hamilton juga pernah menyatakan bahwa tidak ada warga AS yang menahan diri dari kalkun padaThanksgiving.

Pernyataan Hamilton menjadi kenyataan, dan menurut National Turkey Federation, sekitar 45 juta hingga 46 juta kalkun dikonsumsi setiap Thanksgiving.

Alasan lainnya mengapa kalkun dimakan saat Thanksgiving karena hal itu telah dilakukan sekama puluhan tahun. Dan di daerah New England, kalkun dikonsumsi selama festival panen tradisional.

Sementara itu, Sejarawan The Smithsonian menambahkan bahwa popularitas burung itu menyebar karena alasan yang lebih pragmatis.

Pertama, kalkun merupakan burung asli Amerika Utara. Kedua, tidak seperti ayam, kalkun memiliki berat 15 hingga 20 pon sehingga dapat memberi makan banyak orang.

Kalkun panggang spesial di Sheraton Grand Jakarta Hotel Gandaria City ini punya rasa yang nikmat dan bisa dinikmati dengan dua macam saus, cranberry dan saus giblet.SYIFA NURI KHAIRUNNISA Kalkun panggang spesial di Sheraton Grand Jakarta Hotel Gandaria City ini punya rasa yang nikmat dan bisa dinikmati dengan dua macam saus, cranberry dan saus giblet.

Mengapa kalkun disebut turkey?

Kalkun disebut sebagai turkey di Amerika Serikat. Nama yang sama dengan negara Turki atau Turkey. Penamaan ini memiliki sejarah tersendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X