Cara Pilh Bahan buat Bisnis Katering yang Murah dan Aman

Kompas.com - 25/11/2020, 21:09 WIB
Ilustrasi katering secara prasmanan. UNSPLASH/City Church ChristchurchIlustrasi katering secara prasmanan.

KOMPAS.com - Memilih bahan makanan menjadi faktor yang penting dalam menjalankan usaha katering.

Bahan makanan yang didatangkan oleh suplier atau beli sendiri bisa memengaruhi kualitas sajian katering yang diberikan.

Baca juga: Tips Tentukan Menu untuk Bisnis Katering, Perhatikan 5 Hal Ini

Selain menggunakan jasa orang lain pelaku bisnis katering juga bisa memilih bahan pokok sendiri dengan beli di pasar.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mendapat supplier bahan pokok yang baik untuk katering.

“Jadi kalau misal kita belanja bahan makanan iti sebenarnya bisa dari supplier, dari pasar, super market yang grosir. Jadi biasanya kita lihat dari harga pasaran,” jelas Tashya Megananda Yukki selaku Owner Beranda Kitchen sekaligusKetua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia ( APJI ) DKI Jakarta saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Ilustrasi makanan katering. Dok. Shutterstock/Ryan Wijaya Tan Ilustrasi makanan katering.

Ia menyarankan untuk membandingkan harga bahan pokok dengan yang ada di pasaran. Jika bahan pokok di pasar tradisional lebih murah, tak ada salahnya untuk mengambil bahan dari sama.

Tashya menambahkan bahwa pelaku bisnis katering harus tetap terbuka terutama pada pasar tradisional. Dalam pasar tradisional bahan yang disediakan juga memiliki kualitas yang baik dan harga terjangkau.

Selain itu juga bisa membantu para pelaku UKM. Tak menutup kemungkinan jika sudah memakai supplier, pelaku bisnis katering bisa mengecek harga dan berbelanjar di pasar tradisional.

Tashya menyarankan jika ingin berbelanja bahan makanan lebih baik datang pada pagi hari. Di waktu tersebut bahan yang datang masih segar dan memiliki kualitas yang bagus.

“Harus pinter-pinter itu dalam memilih. Apa lagi kita sebagai owner harus mau turun ke lapangan untuk mengecek harga dan kualitas bahan,” jelasnya.

Baca juga: 5 Jenis Bisnis Katering di Indonesia, Tidak Cuma Katering Pernikahan

Katering sehat dari Dapurfit.Dapurfit Katering sehat dari Dapurfit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X