Kompas.com - 23/11/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi ceker setan pedas Shutterstock/Aris SetyaIlustrasi ceker setan pedas

KOMPAS.com - Ceker menjadi salah satu bagian tubuh pada ayam yang banyak diolah menjadi berbagai masakan.

Cara mengolah ceker harus dilakukan dengan tepat. Pasalnya, ceker merupakan bagian kaki ayam yang bersentuhan langsung dengan tanah.

Sous Chef Hotel Santika Pasir Koja Siswanto memberikan tips agar ceker ayam dipastikan bersih saat diolah atau dimasak.

Baca juga: Resep Rendang Ceker, Kreasi Masak yang Praktis

Cara membersihkan ceker ayam

Menurut Siswanto, hal utama yang harus diperhatikan saat membersihkan ceker adalah kukunya. Ia menyebutnya sebagai "meni pedi" pada ceker ayam.

"Ceker ayamnya dimeni pedi dulu lalu cuci yang bersih. Dan setelah semua bersih lalu direbus terlebih dahulu," ucap Siswanto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/11/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siswanto menyarankan agar sebelum masak ceker, sebaiknya rebus terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghilangkan bau ceker.

"Supaya enggak bau ayamnya, ada juga sih yang langsung digoreng. Tapi kalau saya pribadi direbus terlebih dahulu," kata dia.

Adapun, ceker ayam bisa direbus selama 5 menit sebelum diolah menjadi masakan.

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Amis Ayam, Mulai dari Sebelum Masak

Ilustrasi ceker ayamShutterstock/zstock Ilustrasi ceker ayam

Kandungan ceker ayam

Dikutip dari Healthline, ceker ayam sebagian besar terdiri dari jaringan ikat - kulit, tulang rawan, tendon, dan tulang. Namun, ceker masih cukup bergizi dan memberikan vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup.

Dua ceker ayam seberat 70 gram mengandung 150 kalori, 14 gram protein, 10 gram lemak, 0,14 gram karbohidrat, 5 persen nilai harian kalsium, 5 persen kandungan harian fosfor, 2 persen kandungan harian vitamin A, dan 15 persen kandungan harian folat.

Kandungan lemaknya sebagian besar berasal dari kulit, yang biasanya dibuang untuk dimasak.

Namun, ceker ayam goreng maupun bersaus dapat meningkatkan kandungan karbohidrat, lemak, dan kalori ceker secara signifikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X