Cara Simpan Cabai di Kulkas, Awet Sampai 2 Bulan

Kompas.com - 20/11/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi beragam jenis cabai. SHUTTERSTOCK/Lyudmila MikhailovskayaIlustrasi beragam jenis cabai.

KOMPAS.com – Pernah mengalami simpanan cabai membusuk, lembek hingga berjamur? Hal ini disebabkan cara simpan cabai yang kurang tepat.

Jika ingin cabai awet, butuh disimpan di kulkas dengan cara penyimpanan yang benar. Ada beberapa cara simpan cabai di kulkas dikutip dari Food NDTV seperti berikut.

Baca juga: Cara Potong Cabai dari Bulat sampai Cacah, Minim Rasa Pedas di Tangan

1. Simpan dalam plastik ziplock

Simpan cabai dalam kantong ziplock. Buang bagian batang dan bungkus cabai ke dalam kantong ziplock.

Letakkan kantong di dalam lemari es dan gunakan cabai jika diperlukan. Dengan cara ini, cabai bisa tetap segar hingga seminggu atau lebih.

2. Simpan dalam wadah kedap udara

Ilustrasi menyimpan sayur dalam kontainer. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi menyimpan sayur dalam kontainer.

Menyimpan cabai di kulkas dalam wadah kedap udara dan tisu dapur di dalamnya dapat mengawetkan cabai setidaknya selama 20-25 hari.

Ambil wadah dan letakkan dua lapis tisu dapur secara merata di dalamnya. Buang bagian batang dan pindahkan cabai ke dalam wadah.

Tutupi cabai dengan selapis tisu dapur lagi dan tutup wadah kedap udara. Simpan di lemari es dan gunakan sesuai kebutuhan. Tisu dapur akan membantu menyerap kelembapan berlebih dari cabai.

Baca juga: 6 Jenis Cabai di Pasaran Indonesia, Kenali Dulu Sebelum Bikin Sambal

3. Tutup dengan aluminium foil

Ilustrasi cabai beku supaya lebih awet. SHUTTERSTOCK/ANN HODGSON Ilustrasi cabai beku supaya lebih awet.

Cara lain yang mudah untuk meningkatkan umur simpan cabai adalah dengan menutupinya dengan aluminium foil kemudian membekukannya.

Letakkan cabai di atas piring dan tutupi seluruh piring dengan aluminium foil. Taruh piring di dalam freezer dan biarkan membeku selama 6-7 jam.

Setelah selesai, keluarkan dan simpan cabai beku dalam wadah kedap udara. Tempatkan di dalam lemari es. Dengan cara ini, cabai akan tetap segar hingga 2 bulan.

Saat ingin digunakan, cabai beku bisa diparutkan ke dalam masakan, seperti dikutip dari Delish.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X